Kelompok Tani Berkat Tani Dirikan Taman Edukasi, Yuk Intip Kisah Suksesnya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Kelompok Tani Berkat Tani yang beralamatkan di Dusun VIII, Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara akan mendirikan Taman Edukasi.

Berdasarkan pantauan mudanews.com di lokasi pada Selasa (27/7/2021), tampak kolam ikan lele, ikan nila dan ternak kambing serta truk yang membawa tanah timbun untuk pembangunan Taman Edukasi.

Kelompok Tani Berkat Tani memiliki Visi “Meninggkatkan kesejahteraan anggota Kelompok Tani. Mengembangkan pertanian berbasis sumber daya lokal. Mengembangkan peternakan dengan tekhnologi terkini dan Memiliki kemampuan bersaing diera globalisasi”.

Sedangkan Misi “Membangun kesadaran anggota kelompok tani. Mengembangkan potensi yang dimiliki setiap anggota kelompok. Membangun rasa persaudaraan yang kuat antar anggota kelompok. Membangun semangat bergotong royong antar anggota kelompok.

Tujuan kelompok tani ini ada tiga, yakni: Pertama, menanamkan norma disiplin dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencapai cita-cita bangsa yaitu masyarakat adil dan makmur. Kedua, memberikan bantuan moril dan materil dalam rangka peningkatan ekonomi anggota untuk mencapai kesejahteraan hidup anggota. Ketiga, mempererat hubungan kekeluargaan antar anggota kelompok.

Kelompok Tani Berkat Tani
Kandang Kambing, Kolam Ikan dan Sekretariat Kelompok Tani Berkat Tani

Ketua Kelompok Tani Berkat Tani, Suherman menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan dari desa kepada Kelompok Berkat Tani seperti ternak kambing dan bantuan pembuatan Taman Edukasi. Sementara itu, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) mengucurkan dana pengabdian masyarakat. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat memberikan Ikan Lele.

“Alhamdulillah, terus kami kembangkan dengan pemanfaatan anggota untuk meningkatkan perekonomian,” tutur Ketua Kelompok Berkat Tani didampingi Seketaris Vivi Dewani, AmaFa dan Bendahara Ahmad Sayuti ketika ditemui mudanews.com di Sekretariat Kelompok Tani Bekat Tani.

Suherman juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Batu Malenggang, PPL, Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat, yang selalu memberikan masukkan, binaan untuk pembudiayaan ikan lele dan nila serta mendirikan Taman Edukasi.

“Taman Edukasi didirikan bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak remaja dan pemuda guna memperkenalkan pertanian, jenis-jenis hewan ternak dan cara memberikan pakan kepada ternak yang benar,” jelasnya.

Rencana, ungkapnya, Dinas Pertanian Provsu memberikan hibah sapi, namun belum datang sapinya, sudah dilakukan Bimtek dan tandatangan kontrak.

Semuanya itu, lanjutnya, berkat bantuan dan dorongan dari Anggota DPRD Langkat Aidir Syahputra SHI, Fatimah dan Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara Hendro Susanto dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam kesempatan itu juga, Koordinator PPL Kecamatan Hinai, Luat Harahap S.Pt, mengapresiasi pada Kelompok Tani Berkat Tani yang sudah mempunyai SK Notaris dan Kemenkumham yang memiliki legalitas. Selain itu, bebernya, kesuksesan kelompok ini bergaul kepada masyarakat dan bekerjasama dengan mitranya.

“Berharap kelompok ini tetap solid, kepengurusan dan anggotanya,” tandas Luat Harahap. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini