IHSG dan Rupiah Menghijau, Saatnya Bersiap Sambut Data PDB di Akhir Pekan

Pasar Saham
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Sejumlah bursa asia tidak semuanya berada di zona hijau. Bursa di Shanghai dan Hong Kong mengalami penurunan kinerja pada perdagangan hari ini.

“IHSG memiliki geraknya sendiri dengan ditransaksikan di zona hijau selama sesi perdagangan. IHSG ditutup menguat 0.56% di level 6.077,74. IHSG membukukan kinerja tertinggi di level 6.137, dan terendah 6.047 pada perdagangan hari ini,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/2/2021).

Namun, di perdagangan besok, jelas Benjamin, pelaku pasar lebih berhati-hati lagi. Akan ada kabar mengenai laju pertumbuhan ekonomi nasional selama tahun 2020.

“Sejauh ini sih memang pelaku pasar sudah mendapatkan gambaran dari hitung-hitungan ekspektasi pertumbuhan tersebut. Berada dalam rentang -1.5% hingga -2%. Jadi pada dasarnya kalaupun dirilis sesuai ekspektasi, data tersebut seharusnya tidak akan menjadi pemberat bagi kinerja pasar keuangan di akhir pekan,” paparnya.

Dikatakan Benjamin, data yang akan dirilis di Jumat mendatang, tentunya akan terlebih dahulu diantisipasi menjelang rilis data tersebut. Jadi perdagangan Kamis saya pikir pelaku pasar akan sangat berhati-hati. Tentunya hati-hati disini adalah seandainya data PDB Nasional dirilis lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya.

“Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga menguat pada sesi penutupan perdagangan hari ini. Rupiah ditutup di level 14.005 per US Dolar. Belakangan ini, kinerja mata uang Rupiah seakan tertahan dan berkonsolidasi di kisaran level tersebut (14.000),” papar Benjamin. (red)