Masih Tertekan, IHSG Dekati 6.300, Rupiah Berada di Jalur Hijau

Masih Tertekan, IHSG Dekati 6.300, Rupiah Berada di Jalur Hijau
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan hari ini dibuka menguat tipis 0.2% di level 6.334,51. Dan penguatannya terus mengecil, bahkan 5 menit setelah pembukaan IHSG masuk ke zona merah dengan mendekati level 6.300. IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan koreksinya. Terlebih jika IHSG menembus level psikologis 6.300.

“Sementara itu, sejumlah bursa di Asia juga bergerak mixed. Kinerja bursa saham global pada umumnya masih menanti pelantikan Joe Biden yang akan dilakukan hari ini waktu setempat. Berarti, perdagangan kamis dan jumat besok akan menjadi gambaran bagaimana pasar merespon inagurasi Presiden terpilih AS Joe Biden,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/1/2021).

Benjamin membeberkan ini yang membuat pelaku pasar lebih memilih wait and see. Jadi tidak ada yang bisa mengkonfirmasi arah pergerakan pasar keuangan dalam waktu dekat. Segala kemungkinan bisa saja terjadi nantinya. Jadi sebaiknya pelaku pasar berhati-hati dengan kemungkinan tersebut.

“Disisi lain, kinerja mata uang rupiah dibuka menguat terhadap US Dolar pada perdagangan hari ini. Rupiah sejauh ini menguat di level 14.050 per US Dolar. Saya melihat baik Rupiah dan IHSG sementara akan berkonsolidasi di wilayah yang tidak jauh dari penutupan sebelumnya. Meskipun keduanya masih berpeluang bergerak volatile secara tiba-tiba,” ujar Benjamin. (red)