Sambut Milad HMI ke-74, Alumni HMI Medan Terbitkan Buku Kisah-Kisah Aktivis Alimbas

Sambut Milad HMI ke-74
Cover Buku Di Bawah Rindang Pohon Seri : Kisah Para Aktivis HMI Cabang Medan (Dok Istimewa)

MUDANEWS.COM, Medan – Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan lintas generasi bakal meluncurkan buku antologi menyambut 74 Tahun HMI pada 5 Februari 2021 mendatang.

Komunitas para penulis yang bernama ‘Tulisan Jelek Jangan Diejek’ (Tulek Jajek) menjadi pelaksana penerbitan buku bertema : “Di Bawah Rindang Pohon Seri : Kisah Para Aktivis HMI Cabang Medan.”

Tema tersebut menjadi pilihan, dijelaskan Pimpinan Tulek Jalek Isfan Dahriyan Nasution, sebab Pohon Seri yang tumbuh di halaman kantor HMI Medan, Jalan Adinegoro 15 (Alimbas) itu banyak sekali menyimpan kenangan yang perlu diketahui, terutama oleh kader muda HMI.

“Buku ini ditulis oleh alumni senior tahun tujuh puluhan sampai alumni muda tahun dua ribuan ke atas. Ada cerita heroik, bahagia, lucu, haru, hingga kisah kasih sesama aktivis yang semuanya disaksikan oleh Pohon Seri selaku saksi bisu,” lanjut Isfan yang juga mantan Ketua Umum HMI Cabang Medan periode sembilan puluhan kepada mudanews.com, Rabu (20/1/2021).

Kisah yang dituangkan ini adalah kisah nyata semasa masih aktif sebagai pengurus, instruktur ataupun anggota biasa. Pohon Seri adalah lokasi favorit aktivis HMI sebagai tempat diskusi, baca buku, rapat dan ngaso (istirahat).

“Baca judulnya saja pun, para alumni HMI pasti akan merasa diingatkan nostalgia masa lalu. Sangat membahagiakan,” lanjut Nasution.

Kumpulan cerita setebal 500 halaman yang ditulis oleh 60 aktivis HMI ini diedit oleh Tim Kreasi M Zahrin Piliang sebagai Editor Utama, dibantu oleh Sugih Permono dan Ahmad Arifin dan desainer cover – Hadhy Priyono. Keempatnya adalah alumni HMI Medan, bahkan dua orang pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMI Cabang Medan.

Rencananya, buku ini akan dilaunching tepat pada hari kelahiran HMI yang ke-74, tanggal 5 Februari 2021 di dua lokasi yaitu Sekretariat HMI Cabang Medan di Jalan Adinegoro 15 Medan dan di Padang Sidempuan, tempat berlangsungnya Musyawarah Wilayah Korps Alumni HMI (Muswil KAHMI) Februari mendatang. (red)