Pertamina – ABDSI Gelar TOT Pendampingan UMKM Naik Kelas, Sumut Punya 7 Pendamping

Pertamina - ABDSI Gelar TOT Pendampingan UMKM Naik Kelas, Sumut Punya 7 Pendamping
Pertamina - ABDSI Gelar TOT Pendampingan UMKM Naik Kelas

MUDANEWS.COM, Medan – PT Pertamina (Persero) bersama Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) menggelar Training of Trainers (TOT) Pendampingan UMKM naik kelas sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM pendamping dalam realisasi program penyaluran dana kemitraan yang di targetkan untuk 1000 UMKM yang ada di Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali-NTB hingga Kalimatan Barat.

Kegiatan yang di mulai sejak Kamis pada 3 September 2020 ini akan berakhir hingga 5 September 2020 yang dilakukan secara daring melalui pemanfaatan aplikasi zoom meeting di tengah pandemi Covid-19 di hotel-hotel di masing-masing wilayah propinsi yang telah ditetapkan oleh Pertamina dan ABDSI.

“TOT ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Pendamping Mitra Binaan Program Kemitraan Pertamina. Selain mentargetkan nilai NPL yang rendah, pendamping akan mendorong Mitra Binaan menjadi UKM unggul untuk membangun struktur UMKM yang lebih seimbang dan kokoh dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional yang berdaya saing global dan inklusif sebagai roadmap pendampingan UMKM unggulan,” ujar Tengku Irham Kelana selaku Wakil Ketua ABDSI pada Jum’at (04/09/2020) melalui pesan Whatsapp ketika ditanya terkait kegiatan tersebut.

“Dalam hal ini Pertamina bersama ABDSI menetapkan strategi pendampingan UMKM untuk naik kelas, baik dari fase kecil ke menengah hingga menengah ke besar. Selain itu ABDSI juga memiliki misi sebagai lembaga yang berperan aktif dalam memastikan berbagai kebijakan pemerintah dan stake holder dalam mendukung pengembangan usaha kecil menengah dan koperasi,” lanjutnya menjelaskan.

Pertamina - ABDSI Gelar TOT Pendampingan UMKM Naik Kelas, Sumut Punya 7 Pendamping
Pertamina – ABDSI Gelar TOT Pendampingan UMKM Naik Kelas

Selain menyajikan materi terkait dengan visi misi program, model bisnis UMKM, UKM Go Global, menyusun rencana usaha sederhana dan pengantar digital marketing juga ada sesi kelompok diskusi studi kasus terkait analisa penyusunan bisnis model canvas dan teknik komunikasi coaching yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pendamping UKM yang akan dilakukan hingga 3 tahun kedepan.

Dari beberapa wilayah sasaran, Propinsi Sumut memiliki 7 orang pendamping untuk bersinergi menjalankan program tersebut diantaranya Agusma Hidayat yang bertugas untuk wilayah Langkat-Binjai, Eva Herlia di Serdang Bedagai, Lely Fridayanti di Batubara, Darwin Munthe di Siantar, Arie Maya Lestari, Chandra Ida Ria Marbun serta Yanti Faradilla di tugaskan di wilayah Medan. Berita Medan, red