UPBJ Pemkab Labuhanbatu, Lelang Proyek TA 2019 Baru 30 Persen
Fhoto kantor UBPJ Pemkab Labuhanbatu tempatnya lelang ratusan judul paket proyek mulai dari Infrastruktur jalan, Bangunan Gedung, Proyek Parit dan lain sebagainya diseluruh jajaran OPD Pemkab Labuhanbatu. Mortan.

MUDANEWS.COM – Labuhanbatu – Pelaksanaan lelang proyek di kantor Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UPBJ) Pemkab Labuhanbatu tahun anggaran 2019, belum berjalan 100 persen.

Hal tersebut disebabkan, adanya kendala didalam Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yaitu tentang status defenitif Bupati Kabupaten Labuhanbatu dan belum dilantiknya kepala bagian (Kabag) pada kantor UPBJ Pemkab Labuhanbatu.

Sebelumnya, Ali Undangan yang ditunjuk menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag UPBJ) Pemkab Labuhanbatu, Kamis kemarin (26/09/2019) menyebutkan, bahwa ianya belum Syah menjabat sebagai Kabag UPBJ Pemkab Labuhanbatu.

“Saya hanya masih sebagai staf pada kantor UPBJ ini. Kepala bagian masih pak Supriono. Dan, belum ada penggantian ataupun pelantikannya,” kata Ali Undangan.

Ali Undangan yang juga ASN tugas dari OPD Dinas Perhubungan dan ditempatkan di kantor UPBJ tersebut mengatakan lagi, bahwa status ianya ditunjuk kemarin menjadi pejabat Kabag UPBJ tersebut masih Hoax.

“Saya belum dilantik. Itu hoax. Sebab, Kabag UPBJ masih Supriono,” katanya.

Dan, sewaktu dikonfirmasi tentang pelaksanaan lelang proyek di kantor UPBJ. Menurut Ali Undangan bahwa pelaksanaan lelang proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Labuhanbatu dari seluruhnya hanya baru 30 persen pelaksanaannya.

“Dari seluruhnya baru 30 persen yang dilelang. Sumber anggaran APBD Pemkab Labuhanbatu TA 2019 ini,” jelas Ali Undangan.

Sewaktu dipertanyakan tentang adanya informasi dugaan bahwa lelang ataupun tender proyek di kantor UPBJ Pemkab Labuhanbatu tersebut telah ditentukan paket-paket proyeknya kepada oknum oknum tertentu Penguasa dan Pengusaha Kabupaten Labuhanbatu. Dan, adanya juga penanda tanganan kontrak perjanjian di kantor UPBJ.

Ali Undangan membantah hal tersebut. “Tidak ada penanda tanganan kontrak perjanjian atau sejenis lainnya dikantor UPBJ ini. Kalau hasil lelang itu langsung Online sesuai pendaftaran onlinenya rekanan dan baru kita lelang. Dan, tidak ada penanda tanganan oleh rekanan di kantor UPBJ ini. Kalau ada pun penanda tanganan sepengetahuan saya itu di kantor OPD Dinas masing masing,” ujarnya.

Menurut Ali Undangan lagi, bahwa terkait jabatan Kabag UPBJ Pemkab Labuhanbatu masih Supriono. Dan, tidak sewajarnya ianya menjawabnya konfirmasi ini.

“Sebab, saya masih staf biasa di UPBJ ini. Belum ada pelantikannya secara Syah,” sebutnya lagi.

Namun sayang, Kabag UPBJ Supriono tidak berada di kantornya pada, Kemaren Kamis (26/09/2019).

Namun mirisnya, pada hari Jumat (27/09/2019) di kantor ruang data dan karya Bupati Kabupaten Labuhanbatu, dilaksanakan pelantikan seluruh Kabag, Kasi dan Asissten serta pengawas lapangan dari seluruh OPD Dinas, Kaban dan Kakan oleh Bupati Kabupaten Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe.

Diantara puluhan orang yang dilantik tersebut, terlihat Ali Undangan turut dilantik. Ali Undangan dilantik menjabat sebagai Kepala Bagian UPBJ Pemkab Labuhanbatu menggantikan Supriono.

Mirisnya, setelah selesai pelantikan oleh Bupati Kabupaten Labuhanbatu, terlihat Ali Undangan tergesa gesa keluar dari ruangan data dan karya tersebut. Awak media MUDANEWS.COM yang sudah siap siap ingin konfirmasi kepada Ali Undangan paska pelantikannya sebagai Kepala Bagain UPBJ tersebut.

“Pak Ali Undangan, sudah jadi dilantik menjabat Kabag UPBJ ? Tanya awak media ini. Namun sayang, Ali Undangan tidak menjawab dan langsung turun kelantai satu kantor Bupati Kabupatan Labuhanbatu. Dan, serta merta, Ali Undangan yang baru dilantik menjabat Kabag UPBJ Pemkab Labuhanbatu tersebut menghilang.

Penulis : Mora Tanjung wartawan MUDANEWS.COM Labuhanbatu.