Gali Inspirasi Pengembangan Prodi Psikologi Islam, IAIN Langsa Sambangi Universitas Islam Indonesia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Yogyakarta – Dalam rangka pengembangan keilmuan Psikologi Islam, Program Studi Psikologi Islam IAIN Langsa melakukan kunjungan ke Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa (19/7/2022).

Dedy Surya, M.Psi, Ketua Program Studi Psikologi Islam IAIN Langsa menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan mengingat Universitas Islam Indonesia yang beralamatkan di Yogyakarta adalah salah satu universitas pioneer dalam pengembangan keilmuan Psikologi Islam di Indonesia.

Dalam diskusi yang dikemas dalam format yang kasual namun hangat tersebut, Dedy Surya menyampaikan visi keilmuan Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa sebagai sentra yang melahirkan kajian Psikologi yang berasal dari kitab-kitab klasik para ulama dan pemikir Islam.

Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog menyampaikan rasa bahagia dengan kedatangan program studi dari provinsi paling barat Indonesia ini serta menyambut baik visi keilmuan yang ingin diusung oleh Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa.

“Kajian psikologi yang berasal dari pemikiran ulama tentu nanti menjadi hal yang sangat unik, dan saya pikir bahwa Psikologi Islam IAIN Langsa memiliki potensi untuk itu, mengingat keberadaan Provinsi Aceh yang sarat dengan ke-Islamannya,” ucap Qurotul Uyun.

Kegiatan ini juga melahirkan kesepakatan bersama yang dituangkan dalam penandatangan MoA antar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa dengan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, disaksikan oleh Ketua Program Studi Psikologi Rumiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog serta Pengelola Jurnal Ilmiah PSIKOLOGIKA, Ali Mahmud Ashshiddiqi, S.Pd.I., M.A dan Fitri Ayu Kusumaningrum, S.Psi., MA.

Pada kesempatan yang sama ini, Ketua Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa juga menyempatkan diri untuk bersilaturrahmi dengan salah satu tokoh Psikologi Islam Indonesia, Dr. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog.

Dalam pertemuan tersebut, beliau memberikan bekal dalam rangka pengembangan keilmuan Psikologi Islam, khususnya dalam konteks keacehan dan ke-Indonesiaan.

- Advertisement -

Berita Terkini