Fakultas Hukum Unimal, Melakukan Penjaringan Kerjasama ke Simeulue

Fakultas Hukum Unimal
Kapolres Simeulue AKBP Agung S Prabowo dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Unimal Hadi Iskandar

MUDANEWS.COM, Lhokseumawe – Dalam rangka menindaklanjuti dan mensukseskan Kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB) yang merupakan Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal) kembali melakukan Penjaringan Kerjasama ke Instansi Penegakan Hukum dan Pemerintahan di Kabupaten Simeulue.

Kegiatan penjaringan kerjasama dilakukan selama beberapa hari mulai tanggal 16-19 Februari 2021, pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Hukum Unimal yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Unimal) Hadi Iskandar berkunjung ke Kejari Simeulue, Pengadilan Negeri Simeulue, Mahkamah Syari’ah Simeulue, Polres Simeulue dan DPR Kabupaten Simeulue.

Dalam semua kunjungan tersebut Fakultas Hukum Unimal mendapatkan sambutan hangat dari para Pimpinan Instansi tersebut, seperti Kajari Simeulue M Anshar Wahyuddin, Kapolres Simeulue AKBP Agung S Prabowo, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Simeulue Jamaluddin SH MH, Pelaksana harian Ketua Mahkamah Syari’ah Simeulue Musad Al Haris Pulungan SHi, Ketua DPRK Simeulue Irwan Suharmi.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi Fakultas Hukum Unimal yang telah berkunjung dan melakukan penjaringan kerjasama ke Kabupaten Simeulue, khususnya ke Polres Simeulue, kita akan mendukung penuh Program KMMB, dalam waktu dekat kita akan langsung melakukan follow up kembali untuk melakukan Penandatanganan MoU, apakah itu di Simeulue atau di Lhokseumawe nantinya,” kata Kapolres Simeulue AKBP Agung S Prabowo dalam kunjungan FH Unimal.

“Kita sangat berharap program kerjasama ini bisa membangun dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, dan bisa membantu dan mempermudah Mahasiswa yang dari Simeulue untuk menggapai cita-citanya, Polres Simeulue mendukung penuh kegiatan positif yang seperti ini,” sambungnya.

Sementara Hadi Iskandar mewakili Dekan Fakultas Hukum mengucapkan Alhamdulillah ini penjaringan kerjasama yang sekian kalinya kita lakukan untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar.

“Sebelumnya kita juga sudah melakukan kerjasama dengan Instansi Penegakan Hukum dan Pemerintahan di Kabupaten/Kota lainnya, dalam penjaringan kerjasama ini kita berharap bisa membantu mahasiswa dalam menyelesaikan study perkuliahannya dan bisa menggali potensi dirinya masing-masing dengan cara magang, penelitian, pengabdian di Instansi,” ujarnya.

Lanjutnya, dimanapun yang telah kita lakukan kerjasama dalam rangka iplementasi Tridharma Perguruan Tinggi (PT) baik dilakukan oleh Dosen maupun mahasiswa, khususnya untuk Mahasiswa Simeulue nantinya mereka lebih mudah untuk melakukan penelitian, magang, pengabdian (KKN) tanpa perlu jauh-jauh lagi ke daerah lain.

“Mereka bisa langsung mengabdi dan berkontribusi memberikan perubahan yang lebih baik lagi kedepannya untuk Kabupaten Simeulue, kita yakin Mahasiswa Simeulue punya potensi dan kapasitas yang sangat luar biasa, tinggal didukung dan diberikan kesempatan saja, dengan program kerjasama ini kita berharap semua itu bisa tercapai,” tutup Hadi Iskandar Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh. (red)