Peremajaan Kelapa Sawit,

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Launching Penanaman Perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit Petani Swadaya dilaksanakan oleh anak Perusahaan Musim Mas, PT Siringo-Ringo (SRR), di Rantau Prapat, Labuhan Batu, Sumatra Utara, Indonesia, Kamis (16/5/2019).

Untuk pertama kalinya, petani swadaya di sekitar anak perusahaan Musim Mas, PT Siringo-Ringo (SRR), di Rantau prapat, Sumatra Utara, Indonesia, menerima dana untuk menanam kembali kelapa sawit mereka, Dana tersebut berasal dari Badan Pengelolah Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dengan tujuan untuk mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan dan meningkatkan akses pasar dimana tujuan tersebut sejalan dengan program petani Musim Mas.

Lebih kurang setiap 25 tahun, kelapa sawit berhenti menjadi produktik dan perlu ditanam kembali, jika tidak resiko yang di hadapi petani adalah penurunan Hasil dan Pendapatan.

Secara tradisional, menebang dan membakar adalah salah satu cara untuk membersihkan lahan untuk penanaman kembali, karena cara ini merupakan cara tercepat dan termurah.

Selain itu, kelapa sawit yang ditanam kembali tidak akan menghasilkan dalam dua sampai tiga tahun pertama, dimana akan menimbulkan beban keuangan pada para petani, oleh karena itu, dukungan dari industri, pemerintah dan sektor keuangan sangat penting untuk mempromosikan cara penanaman kembali yang berkelanjutan.

Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhemi ST MT dalam pidatonya menyampaikan, program peremajaan kelapa sawit petani swadaya ini bertujuan juga agar dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam meningkatkan hasil dari pertanian serta perawatan dalam pertanian dan juga untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Labuhanbatu. Berita Labuhanbatu, Arjuna