Aksi Pemilu Damai
Dilampu merah peserta aksi memegang poster menunjukkan kepada pengguna jalan

MUDANEWS.COM, Medan – Puluhan anak muda yang tergabung dalam Lintas Muda Indonesia (LMI) melakukan aksi kampanye Pemilu Damai di Jalan Balaikota, Medan pada Senin (11/3/2019).

Bahkan, aksi dilakukan menampilkan puluhan poster seruan yang menyampaikan pesan anti hoax dan anti sara. Tidak hanya itu, terlihat dalam aksi nya LMI turut menghibur para pengguna jalan dengan hiburan musik akustik ala musisi jalanan dan juga membagikan kopi gratis kepada para pengguna jalan. Aksi ini digelar dalam rangka mengkampanyekan pemilu damai yang akan berlangsung lebih kurang dalam 30 hari kedepan.

“Situasi politik semakin hari semakin memanas, dan kita sebagai generasi muda harus mampu menjadi kelompok yang berada di garis terdepan untuk menyerukan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan berita-berita miring, isu hoax yang kami pikir dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ini,” ujar Imam selaku Ketua Panitia.

Imam juga menambahkan, seluruh anak muda yang berperan dalam kegiatan ini murni bergerak secara sukarela. “Kemarin sebelum acara, kita himbau melalui media sosial dan syukurnya banyak yang antusias untuk berpartisipasi secara sukarela dalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Selain itu, Septian Chaniago selaku Ketua LMI mengaku dirinya dan beberapa teman-teman menginisiasi kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada pihak penyelenggara dan juga aparat penegak hukum untuk mewujudkan pemilu yang aman, tertib, dan damai.

Dalam kegiatan ini kita telah menyiapkan Sepuluh Ajakan dan Tuntutan (SEPAKAT) Pemilu Damai beserta nota dukungan kepada pihak penyelenggara pemilu dan juga aparat penegak hukum. Bahwa untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas dan pemilu damai adalah menjadi tanggung jawab kita semua. Salah satunya adalah mengajak seluruh masyarakat untuk bersama mengawal dan turut mensukseskan pemilu yang berintegritas, tertib, aman dan damai.

Aksi Pemilu Damai
Kehebohan Musikalisasi Puisi Kebangsaan.

Menariknya, hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Sumut Yulhasni. Ia pun apresiasi cukup besar diberikan kepada LMI.

“Kegiatan-kegiatan positif seperti ini harus diapresiasi, sebab niat baik kawan-kawan LMI untuk turut aktif membantu pihak penyelenggara khususnya KPU dalam mengkampanyekan pemilu damai dan mewujudkan pemilu berintegritas,” ujar Yulhasni yang ikut memegang poster seruan kampanye damai dan bernyanyi besama massa LMI.

Lanjut Yulhasni, kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus digelar menjelang 17 April mendatang. “Harapannya kegiatan ini bisa terus digelar dalam waktu yang lebih kurang tinggal tersisa 30 hari lagi menjelang pemilu 2019 dan patut untuk dicontoh bagi anak-anak muda lainnya,” serunya.

Untuk itu, mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara dan aparat hukum saja melainkan sudah menjadi tanggung jawab seluruh pihak dan Lintas Muda Indonesia (LMI) dalam deklarasinya berkomitmen menjadi garda terdepan dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas serta menyuarakan anti hoax dan tolak politisasi sara. Berita Medan, Im