Tingkatkan Mutu, FH Unimal Jalin Kerjasama dengan Pemkab
Pimpinan FH Unimal berbincang-bincang untuk kerjasama Mahkamah Syar'iyah

MUDANEWS.COM, Aceh Tengah – Dalam rangka melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, Pimpinan Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh melakukan kunjungan ke wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah. Kunjungan itu dilaksanakan pada Selasa dan Rabu (2-3/07/2019).

Dengan tujuan melaksanakan kegiatan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, dan Mahkamah Syar’iyah di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dalam kunjungan tersebut, Turut hadir Pembantu Dekan Bidang Pendidikan dan Pengajaran ‘Dr. Faisal, S.Ag, S.H., M.Hum. Pembantu Dekan Bidang Kemahsiswaan dan Kerjasama ‘Hadi Iskandar, S.H., MH’., Serta Ketua Program Magister Hukum ‘Dr. Yusrizal, S.H., M.H

Di wilayah Bener Meriah, unsur pimpinan Fakultas Hukum Unimal diterima langsung oleh Bupati Bener Meriah ‘Tgk. H. Sarkawi dan Kabag Humas’. Sementara itu, diwilayah Kabupaten Aceh Tengah diterima langsung oleh Sekda Aceh Tengah dan Kepala BKPSDM Aceh Tengah.

Selain kunjungan ke Pemerintah Daerah setempat, rombongan FH Unimal juga melakukan kenjungan ke Pengadilan Negeri Simpang Tiga Bener Meriah, Mahkamah Syariyah Aceh Tengah dan Bener Meriah, Polres Aceh Tengah, serta Kejaksaan Negeri baik di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan pembahasan tentang Kerjasama yang didasarkan pada pemahaman akan pentingnya penguatan kapasitas institusi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi masing-masing institusi.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan institusi kedua belah pihak, khususnya dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi yang dipadukan dalam kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya manusia.

Kerjasama ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kurikulum, pengembangan sumber daya manusia, tatakelola kelembagaan, pengembangan program studi, dan kegiatan penelitian, Pengabdian, penjaminan mutu dan Field Trip Mahasiswa.

Rencana tindaklanjut dari pertemuan tersebut akan dituangkan dalam bentuk MoU dan pelaksanaan secara teknis akan dilaksanakan oleh unit terkait yang ada di Fakuktas Hukum.

Tingkatkan Mutu, FH Unimal Jalin Kerjasama dengan Pemkab 
Upaya jalin kerja sama pemkab

Dalam kesempatan itu, Ketua Program Studi Magister Hukum Dr. Yusrizal, S.H.,M.H. juga memberikan penjelasan terkait perkembangan Program Studi Magister Hukum.

“Pemerintah Daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah dapat mensosialisasikan dan menghimbau ASN di Lingkungan Pemda setempat untuk dapat melanjutkan pendidikan magister Hukum di Unimal dengan harapan tahun ini Mahasiswa Magister Hukum yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah terus bertambah seiring dengan rencana kerjasama antara FH Unimal dengan Instansi terkait di aceh tengah dan bener meriah,” jelas Dr.Yusrizal,S.H.,M.H.

Untuk Draf MOU kerjasama antara Fakultas Hukum dan Pemerintah Daerah serta Instansi Lain sedang dalam Telaah dan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatangan MOU kerjasama tersebut. Berita Aceh Utara, Aceh Tengah