Foto: Pemain Timnas Indonesia, Osvaldo Haay, berebut bola dengan pemain Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8).
Foto: Pemain Timnas Indonesia, Osvaldo Haay, berebut bola dengan pemain Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8).

MUDANEWS.COM, Selangor – Timnas Indonesia U-22 akhirnya melenggang ke babak semifinal SEA Games 2017 usai mengalahkan Kamboja 2-0 di laga terakhir Grup B di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8) sore WIB.

Dua gol Indonesia masing-masing dicetak dua pemain cadangan Ezra Wallian (menit 53) dan Febri Hariyadi (68).

Ini menjadi kemenangan ketiga Indonesia setelah mengalahkan Filipina dan Timor Leste. Dengan mengantongi 2 kemenangan dan sekali hasil imbang (lawan Thailand), maka Indonesia finis sebagai runner up Grup B dengan 11 poin.

Juara Grup B adalah Thailand yang mengemas 13 poin setelah di laga terakhirnya mengalahkan Vietnam 3-0. Di Semifinal hari Sabtu (26/8) Indonesia akan menantang tuan rumah Malaysia, sedangkan Thailand akan mengahdapi Myanmar.

Laga terakhir grup ini begitu menegangkan buat Indonesia, Thailand dan Vietnam lantaran ketiganya masih berpeluang lolos. Buat Indonesia, laga melawan Kamboja menjadi hidup mati karena tuntutan kemenangan.

Di babak pertama, Indonesia kesulitan menembus jala gawang Kamboja. Begitu banyak peluang didapat Indonesia di 45 menit pertama. Namun ketatnya lini pertahanan Vietnam menyulitkan lini depan Indonesia dalam mencetak gol.

Indonesia langsuung bermain menekan sejak menit awal, Peluang pertama didapat Septian ketika sundulannya menyambut tendangan sudut masih menyamping. Satu menit kemudian sundulan Septian masih lemah dan berhasil ditangkap kiper Kamboja.

Setelah itu peluang demi peluang didapat diantaranya menit 26 ketika tendangan Saadil menerima umpan sodoran bola Evan Dimas masih menyamping. Lalu di menit 39 gantian sundulan Septian David kembali masih melebar.

Jelang laga berakhir, Kamboja harus bermain dengan 10 pemain setelah Choum Pisa diganjar kartu kuning kedua lantaran melanggar Septian David.

Di babak kedua, pelatih Luis Milla memainkan Febri Hariyadi. Lalu di menit 53 Ezra Wallian dimainkan menggantikan Ricky Fajrin. Keputusan pelatih yang pernah menghabiskan karier bermainnya di Barcelona itu tepat.

Menit 53, Ezra berhasil memecahkan kebuntuan lewat gol yang dicetaknya. Pemain berdarah Belanda itu sukses menjebol gawang Kamboja memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang Kamboja. Skor 1-0 tak lantas membuat Indonesia puas.

Kembali Indonesia terus menggempur pertahanan Kamboja. Menit 68, Indonesia memperbesar keunggulan lewat gol indah Febri. Lewat tendangan kanan dari jarak jauh, pemain asal Persib itu berhasil mengoyak jala gawang Kamboja. Indonesia unggul 2-0.

Menit 71 Marinus Manewar mendapat peluang ketika kiper Kamboja sudah meninggalkan posisinya. Sayang, tendangan pemain Persipura itu melambung tinggi. Sampai peluit panjang berbunyi, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Di partai semifinal nanti, Indonesia akan menantang Malaysia yang lolos sebagai juara Grup A. Sementara Thailand akan ditantang Myanmar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here