Idrissa Gueye (Tengah) menyumbang gol untuk Everton saat menghadapi Hajduk Split pada leg pertama play-off Liga Europa (Foto: AFP/Oli Scarff)
Idrissa Gueye (Tengah) menyumbang gol untuk Everton saat menghadapi Hajduk Split pada leg pertama play-off Liga Europa (Foto: AFP/Oli Scarff)

MUDANEWS.COM, Liverpool – Everton membuka peluang lolos ke Liga Europa 2017-2018. Kans itu dibuka The Toffees setelah mengalahkan Hajduk Split dengan skor 2-0 pada leg pertama babak play-off Liga Europa 2017-2018, Jumat (18/8).

Everton tidak mudah meraih kemenangan tersebut. Sebab, mereka mendapat perlawanan sengit dari Hajduk pada laga yang digelar di Stadion Goodison Park itu.

Statistik mencatat Everton menciptakan 12 peluang sepanjang pertandingan. Sementara itu, Hajduk menghasilkan 11 peluang.

Kesulitan Everton membobol gawang Hajduk sudah terlihat sejak awal babak pertama. Mereka butuh waktu 30 menit untuk membuka keunggulan lewat Michael Keane.

Bek Everton Leighton Baines menjadi inspirator gol tersebut. Ia melepaskan umpan silang matang sehingga mudah dijangkau Keane dengan sundulannya yang tak bisa dibendung kiper Hajduk, Dante Stipica.

Pada menit ke-45, Everton sukses menambah keunggulan. Kali ini, gol diciptakan gelandang The Toffees Idrissa Gueye setelah memanfaatkan umpan dari Wayne Rooney.

Hingga babak pertama usai, kedua tim tidak ada yang menciptakan gol tambahan. Everton unggul 2-0.

Memasuki babak kedua, Hajduk mencoba untuk meningkatkan permainan untuk mengejar ketinggalan. Sejumlah peluang diciptakan mereka lewat Franck Ohandza, Ante Erceg, dan Hysen Memolla.

Namun, ketiga peluang tersebut belum mampu menghasilkan gol untuk Hajduk. Sebab, kiper Everton Jordan Pickford mampu menepis peluang-peluang tersebut.

Hingga laga usai, tidak ada gol yang tercipta. Everton memastikan kemenangan dengan skor 2-0.

Kemenangan tersebut membuat peluang Everton lolos ke Liga Europa 2017-2018 terbuka cukup lebar. Mereka kini hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos saat bertanding di markas Hajduk pada leg kedua, 25 Agustus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here