Tim Kesehatan Siapkan Materi Penyuluhan Jemaah di Bus dan Pemondokan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Madinah – Tim Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan materi penyuluhan kesehatan bagi jemaah. Materi ini akan dipasang di bus untuk menemani jemaah pada perjalanan antar kota perhajian, dan juga di pemondokan.

“Materi Penyuluhan dibuat dalam dua bentuk, yaitu: Mp3 dan MP4. Format MP3 akan dipasang di bus untuk diputar dalam perjalanan. Format MP4 akan dipasang di pemondokan agar bisa menjadi tontonan bersama para jemaah,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusuf Singka, Minggu.

“Rekaman tersebut akan terus diputar ulang di setiap bus dan pemondokan jemaah haji Indonesia,” sambungnya.

Menurut Eka, ada lima tema pokok materi yang disampaikan, yaitu: tips bagi penderita penyakit kronis saat akan berhaji, mencegah terjadinya keracunan makanan, tips hindari penyakit menular saat tahallul, tips hindari penularan corona virus, tips hindari kelalahan dan sengatan matahari.

Rekaman ini akan melengkapi materi penyuluhan yang saat ini telah dilaksanakan oleh Tim Promotif dan Preventif dalam bentuk leaflet dan tatap muka dengan jemeah haji.

“Rekaman ini akan memperkaya metode penyuluhan bagi jemaah haji. Apalagi, di Saudi saat ini cuaca panas dan kita perlu waspada dengan kondisi-kondisi yang dapat terjadi di sana,” ujarnya.

Eka berharap, terobosan ini akan memudahkan jemaah dalam memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama selama penyelenggaraan ibadah haji di Saudi. “Materi dibuat seringkas mungkin agar lebih mudah diingat dan dipahami. Masing-masing rekaman berdurasi 30 – 40 detik saja,” ujarnya.

“Materi-materi penyuluhan ini juga akan dimasukkan dalam aplikasi Haji Sehat yang bisa didownload melalui playstore,” tandasnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini