Begini Nasib Ribuan Jemaah Umrah Asal Indonesia yang Tertahan di Arab Saudi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com – Jeddah (Arab Saudi) – Kebijakan penghentian penerbangan Flynas dari Arab Saudi menyebabkan ribuan jemaah umrah asal Indonesia harus tertahan kepulangannya ke tanah air.

Staf Teknis Satu Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) KJRI Jeddah, Ahmad Dumyathi Basori mengatakan bahwa lebih dari dari 2000 jemaah umrah asal Indonesia dan Malaysia tertunda kepulangannya sejak 31 Desember 2016 lalu akibat adanya kejadian tersebut.

Persoalan ini menjadi perhatian serius Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ia meminta kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Direktur Layanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, serta tim Staf Teknis Haji KUHI untuk proaktif dalam membantu proses pemulangan jamaah asal Indonesia. Hal ini diakui oleh Dumyathi selaku Staf Teknis KUHI KJRI Jeddah.

“Menag minta agar pemulangan jemaah umrah ini menjadi prioritas untuk segera diselesaikan,” kata Dumyathi melalui pesan singkat, Senin (9/1), sebagaimana dimuat dalam siaran pers kemenag pada laman web resminya.

Menindaklanjuti arahan dari Menag, KJRI di Jeddah membentuk Satuan Tugas Penanganan Umrah (STPU) agar jemaah asal Indonesia dapat segera pulang.

Saat ini, sebagian dari ribuan jemaah asal Indonesia tersebut sudah berada dan menginap di beberapa Hotel di Jeddah, sebagian masih di Madinah, dan ada juga yang memilih membeli tiket secara mandiri dengan maskapai penerbangan lain.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini