Protes Kenaikan Harga BBM, Massa HMI Sumut Dorong Sepeda Motor ke Gedung DPRD

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gelombang aksi demontrasi tolak kenaikan harga BBM terus disuarakan oleh mahasiswa, buruh, pemuda dan masyarakat seluruh wilayah Indonesia. Penolakan kenaikan BBM itu kali ini datang dari Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut).

Protes Kenaikan Harga BBM
Puluhan Kader HMI mendorong sepeda motor, bentuk protes kenaikan haga BBM

Pantauan mudanews.com, massa HMI sengaja mematikan mesin sepeda motornya dan mendorong mulai dari Pasar Hindu, Jalan Perdana menuju gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan dikawal oleh mobil patroli kepolisian, Rabu (7/9/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Saat aksi itu, puluhan massa HMI, mengusung bendera HMI, ada mobil pick up yang membawa pengeras suara, sound system. Koordinator Lapangan aksi Kabid PTKP Badko HMI Sumut M Julianda Arisha dan Pimpinan Aksi Halim.

Ketua Umum KOHATI Badko HMI Sumut, Dina Maysarah Harahap dalam orasinya  menyampaikan keluhan para ibu-ibu dirumah, karena dampak kenaikan harga BBM, harga bahan pokok mengalami kenaikan sehingga tidak mampu untuk membeli banyak kebutuhan hidup sehari-sehari.

“Hidup mahasiswa, hidup rakyat Indonesia! Ibu, kami tahu, hari ini ibu kesusahan di rumah, bagaimana menyiapkan makan bergizi generasi kedepan, tapi hari ini pemerintah tidak memikirkan itu. Ibu, kami disini berjuang mengaspirasikan apa yang ibu keluhkan, pada kami tadi malam, kami berjuang untuk Ibu,” kata Dina di atas mobil komando.

Dia meminta DPRD Sumut mendengarkan unek-unek masyarakat di saat harga BBM naik dan menyampaikan kepada pemerintah pusat dan DPR RI.

“Bapak Ibu Dewan Perwakilan Rakyat, kantor ini bukan punya Bapak dan Ibu, ini punya rakyat, bagaimana kami bisa melihat keluhan Ibu kami, harga minyak belum turun, melambung tinggi, kami dihadapkan dengan harga BBM yang tinggi, dimana hati kalian para perwakilan rakyat. Apakah ini cara pemerintah membuat generasi muda menjadi bodoh,” tegas Dina sambil meneriakkan Hidup Mahasiswa !!!

Protes Kenaikan Harga BBM, Massa HMI
Ketua Umum Badko HMI Sumut Abdul Rahman (baju kemeja putih) saat di atas mobil komando menyampaikan aspirasi

Sementara Ketua Umum Badko HMI Sumut Abdul Rahman didampingi Sekum Badko Pangeran Siregar mengatakan berbagai proyek yang memakai dana APBN cukup besar seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan berbagai proyek infrastruktur ambisius Presiden Jokowi tetap dilanjutkan, sedangkan dana tersebut harusnya bisa dialihkan untuk subsidi BBM bagi masyarakat.

“Lantas menjadi pertanyaan besar terhadap sikap Pemerintah sesungguhnya, diduga mengorbankan kepentingan rakyat banyak dengan kenaikan harga dan pengurangan subsidi BBM demi terus menggenjot proyek infrastruktur ambisius yang dampaknya tidak dirasakan rakyat secara langsung,” kata Cakdul sapaan akrab Abdul Rahman.

Lebih lanjut dikatakannya, melalui kebijakan ini, pemerintah seakan-akan bertindak ‘lepas tangan’ dan justru mengalihkan beban yang harus ditanggung pada masyarakat, terlebih dikalangan menengah ke bawah merasakan dampak yang besar.

“Sebab, BBM adalah barang yang dikonsumsi rakyat Indonesia. Peliknya lagi, setelah segala hal yang terjadi hingga kini, DPR yang katanya  Dewan Perwakilan Rakyat tetap diam. Belum ada pergerakan yang benar-benar mewakili isi hati masyarakatnya,” singgungnya.

Maka oleh itu, tegas Cak Dul, Badko HMI Sumut Periode 2021-2023 dan seluruh Kader HMI se Sumut menuntut :

  1. Turunkan harga BBM
  2. Turunkan tarif daftar listrik
  3. Berantas Mafia Migas
  4. Menuntut DPR membuat UU perlindungan data pribadi
  5. Mengecam represifitas pengamanan terhadap gerakan mahasiswa

    Protes Kenaikan Harga BBM
    Massa HMI membakar Ban di depan Gedung DPRD Sumut

Sekian lama berorasi, tak kunjung datang anggota DPRD Sumut menemui kader HMI, massa membakar ban di depan gerbang DPRD Sumut, barulah keluar perwakilan DPRD Sumut yakni Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa, Ketua Fraksi Nasdem dr Tuahman Purba dan Thomas Dachi dari Fraksi Gerindra. Setelah itu, petugas kepolisian memadamkan api.

Wakil rakyat itu menerima dan akan menerima aspirasi HMI, akan menyampaikan kepada ketua DPRD, DPR RI dan pemerintah pusat serta berjanji akan terus berkoordinasi dengan pengurus HMI dalam menyikapi terkait kenaikan harga BBM.

“Kami merespon dengan waktu se singkat-singkatnya dengan naiknya harga BBM ini, karena akan berdampak pada harga sembako dan lainnya. Tapi percayalah, kami akan membawa ini, berkoordinasi membangun komunikasi yang intens dengan HMI,” ujar Tuahman. (Arda)

 

- Advertisement -

Berita Terkini