Jadi Inspektur Upacara Bendera di MAN IC Tapsel, Danramil Sipirok : Puji Nasionalisme Peserta Didik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Sipirok – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapanuli Selatan (MAN IC Tapsel) gelar Upacara Bendera pada Senin (30/05/2022). Pada upacara itu Danramil Sipirok Kapten Infanteri Abdul Kodir Harahap sebagai Inspektur upacara. Upacara diikuti segenap civitas akademika MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan di lapangan ruang kelas belajar (RKB). Upacara bendera dan amanat Inspektur upacara berjalan dengan baik dan khidmat.

Kapten Infanteri Abdul Kodir Harahap dalam sambutan pertamanya, menyampaikan Ucapan selamat kepada Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan yang baru dilantik, Bapak Abdul Hakim Siregar, S.Pd.I., M.S.i.

“Saya bangga melihat bapak, dan saya juga ikut mendoakan bapak itu, bahwa kawan saya dulu dipesatren sudah menjadi kepala sekolah, dan beliau ini adalah guru saya juga di Pondok Pesantren Daarul Ulum Nabundong,” pujinya.

“Selamat kepada Kawan saya, bapak Abdul Hakim Siregar, bapak ini sahabat saya, dan abang kelas saya waktu di Pesantren dulu, Pesantren Daarul Ulum, Saya berharap bapak dapat menjalankan tugas dari Negara dan pemerintah sebaik-baiknya, serta dapat dipertanggungjawabkan fi addunya wa al akhirah dan seluruh Guru dan anggota-anggota bisa membantu beliau, sebab suksesnya pemimpin itu juga harus dapat suport dan bantuan dari orang-orang dibawahnya, oleh sebab itu Sinergitas dan kerjasama sangat penting, agar pimpinan dapat berdiri tegak lurus atas apapun yang terjadi,” tuturnya.

“Memang kata orang dunia ini tidak lebar, kadang-kadang bisa sempit, bahwa kami bisa dipertemukan kembali setalah hampir  23 Tahun tidak berjumpa sejak 1993-2021,” ujar beliau sambil sambutan tepuk tangan dari seluruh peserta Upacara.

Sebagai Kapten, Danramil Sipirok itu juga memberikan penjelasan singkat seputar Filosofi dan sejarah singkat Upacara bendera, merah putih.

“Bendera itu apa, lambang kita, lambang bendera kita merah putih, bagaimana merebut ini dulu, itulah pentingnya sejarah, hidup adalah sejarah dan kita tidak boleh melupakan sejarah, merebut ini adalah luar biasa, penuh dengan cucuran darah, air mata dan sebagainya untuk memperjuangkan ini,” terang Pria kelahiran Padang sidempuan 17 Maret 1977  itu .

“Kita cucu-cucunya tidak ikut lagi merebut, tetapi untuk mengenang peristiwa luar biasa itu, kita diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera, selanjutnya apa itu yang dimaksud dengan Upacara, definisi Uapcara adalah melakulan kegiaatan dengan tenang, khidmat, aman dan tertib tanpa ada goyang-goyang, sebab dengan demikian adalah bentuk penghormatan kita dengan bendera merah putih,” lanjutnya.

A.K Harahap, panggilan Akrab Danramil Sipirok tersebut memberi apresiasi terhadap gelaran Upacara itu.

“Demi Allah saya katakan, buka karena di depan para bapak ibu guru, dan bukan karena disini, Wallahi, wabillahi, watallahi, saya sering jadi Inspektur Uapacara, dan sudah sering menjadi Danramil dibeberapa tempat, dan terakhir disini, saya melihat dengan sikap, gerakan, gerak gerik, ketertiban dan kekhidmatan baru kali ini yang terbaik yang pernah saya lihat,” terang beliau dengan semangat dan bangga.

 Inspektur Upacara Bendera di MAN IC Tapsel
Upacara Bendera di MAN IC Tapsel (Foto: Dok Istimewa)

Disamping itu Danramil juga tidak lupa memberikan apresiasi berupa Baret yang dikenakan Danramil kepada pemimpin Upacara, M. Dzikrul Imam Fitrah Siregar Peserta didik kelas X IPS MAN Insan Cendekia Tapsel  itu.

Penutup amanat tersebut Danramil Spirok tidak lupa meberi pesan untuk seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. “Anak-anak sekalian, kalian harus punya ciri khas, seperti sikap perilaku, penampilan, kepribadian dan keilmuan, sebab dari sekolah saja kalian sudah berbeda dengan MAN yang lain,” sambungnya.

“Kejarlah cita-cita sampai dapat, jangan lupa terhadap orang tua, ada tanggung jawab dan keringat yang harus kau bayar lunas kepada kedua orang tua,” ujarnya.

“Ini adalah awal yang baik, dan saya berharap kedepan kita akan akan terus menajlin kerjasama, dan kami dari TNI akan siap membantu apapun, jika diperlukan terkhusus pembentukan karakter peserta didik dalam bingkai Nasionalisme dan kebangsaan,” pungkasnya.

Peserta Upacara Danramil Spirok, Kepala Madrasah MAN IC Tasel, KTU MAN IC Tapsel, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan seluruh Peserta didik MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. (AS)

- Advertisement -

Berita Terkini