DPW Al Ittihadiyah Sumut Menggelar Buka Puasa Bersama

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dewan Pimpinan Wilayah Al Ittihadiyah Sumatera Utara mengadakan acara buka Puasa Bersama sekaligus dirangkai dengan acara pelantikan pengurus Ikatan Mahasiswa Al-Ittihadiyah (IKAMI) Komisariat UIN-SU Medan, periode 2022-2023.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah Al-Ittihadiyah Sumatera Utara jalan Vetpur Raya III Komplek Veteran Laut Dendang Medan Estate pada hari Senin, (11/04/2022). Pelantikan pengurus IKAMI dilaksanakan oleh Toni Nasution MPd, salah satu ketua Bidang Barisan Muda Al-Ittihadiyah Sumatera Utara.

DPW Al Ittihadiyah Sumut
Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H. Syafaruddin MPd memberikan bimbingan dan arahan kepada Pengurus IKAMI Komisariat UIN-SU Medan, periode 2022-2023

Pada acara yang sama, dalam bimbingan dan arahan, ketua umum Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H. Syafaruddin MPd, menyampaikan ucapan selamat untuk menjalankan amanah kepada jajaran pengurus Ikatan Mahasiswa Al Ittihadiyah Komisariat UIN Sumatera Utara periode 2022-2023. Kepengurusan yang dilantik diketuai Yusuf Hamdani Rambe.

“Berharap kepada pengurus baru menjadikan IKAMI Komisariat UIN SU Medan sebagai sarana perjuangan untuk menegakkan keadilan, kebenaran dan kejujuran sebagai calon pemimpin bangsa dan umat,” ujar Prof. Syafar.

Ditegaskannya, bahwa menjalankan amanah menuntut ilmu pengetahuan, sekaligus melatih diri untuk membangun integritas kepribadian muslim sejati, percaya diri, dan kejujuran merupakan modal masa depan sehingga memiliki kemampuan mumpuni dalam memecahkan masalah Islam, mengamalkan ajaran Islam secara kaffah komprehensif dalam seluruh aspek kehidupan umat Islam.

“Kepada segenap pengurus IKAMI yang dilantik diharapkan benar-benar menjadi pelopor perubahan sosial kehidupan umat, dalam segala aspek, termasuk ekonomi, pendidikan, politik melalui amar ma’ruf (menyuruh yang baik) dan nahi munkar (melarang yang jahat), menuju masa depan Indonesia yang lebih baik dan menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berdasarkan Pancasila, dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika,” harap Guru Besar UIN-SU itu.

DPW Al Ittihadiyah Sumut
Ustaz Sodri Daulay MPd foto bersama Pengurus IKAMI Komisariat UIN-SU Medan, periode 2022-2023

Usai pelantikan kegiatan dilanjutkan dengan ceramah singkat Ramadhan 1443 H, yang dibawakan oleh Ustaz Sodri Daulay MPd, dengan tema “Semangat Berorganisasi Untuk Merajut Silaturahmi/Persaudaraan (Ukhwah)”.

Dalam ceramah singkat tersebut beliau menyampaikan berorganisasi merupakan fitrah manusia. Keberadaan Fitrah tersebut memiliki kecenderungan ikhlas untuk dipimpim dan diakui untuk menjadi orang yang memimpin.

“Seyogyanya semangat berorganisasi (ta’awun) bertujuan untuk merajut silaturrahmi, sebagaimana dalam Q.S. Al-Hujurat: ayat 10 dan kemudian dalam QS. Al-Hujurat Ayat 11-12 dijelaskan secara rinci arah untuk berorganisasi (Ishlah) sebagai pendamai, (La Yaskhor) tidak mengolok-olok sesama umat atau Kader (anggota), (La Tanabazuu) jangan memanggil dengan panggilan keburukan, (Katsiran minaz zhonni) banyak berburuk sangka,” jelasnya.

Dengan memperhatikan larangan tersebut, sambung Sodri Daulay, maka kapal organisasi akan mampu menerjang ombak untuk menuju pulau kejayaan. Karena itu bangun kerjasama dalam menjalankan program kerja sesuai tata kelola yang baik sebagaimana berlandaskan peraturan organisasi.

DPW Al Ittihadiyah Sumut
Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H. Syafaruddin MPd didampingi bendahara umum DPW Al Ittihadiyah Sumut Drs. Asrul Daulay, M.Si, ketua Bidang Barisan Muda Al-Ittihadiyah Sumatera Utara Toni MPd foto bersama dengan Pengurus IKAMI Komisariat UIN-SU Medan (Foto: Dok Istimewa)

Dalam acara buka puasa bersama yang dirangkai acara pelantikan pengurus IKAMI Komisariat UIN SU Medan, turut hadir Drs Asrul Daulay MSi, bendahara umum DPW Al Ittihadiyah Sumut dan Dr. Muhammad Kaulan Karima, M.Pd, ketua Barisan Mudah AL Ittihadiyah Sumatera Utara beserta pengurus lainnya. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini