DPD KNPI Binjai, Apresiasi Upaya Pemko Binjai Evakuasi Warga Binjai dari Ukraina

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Binjai – Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Binjai Agus Purwanto, S. Pd., M. Kesos mengapresiasi upaya evakuasi warga Kota Binjai yang berada di Ukraina.

Ia menilai, upaya evakuasi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dilakukan secara cepat dan tepat mengingat situasi di Ukraina saat ini tengah tidak stabil.

“Ini merupakan wujud kepedulian Pemko Binjai dengan cepat dan sigap melakukan komunikasi dan kordinasi melalui Zoom Meeting dengan berbagai pihak agar upaya evakuasi warga Binjai dan Langkat segera dilakukan,” kata Agus Purwanto kepada Mudanews.com, Selasa (08/03/2022).

“Ini sebagai bentuk perlindungan terhadap warga negara di manapun berada dan berapapun jumlahnya khususnya warga Kota Binjai,” tambahnya.

DPD KNPI Kota Binjai
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai Drs. H. Hamdani Hasibuan ketika melakukan zoom meeting dengan enam orang warga Kota Binjai dan tiga orang warga Kabupaten Langkat yang bekerja di Ukraina. (Dok. Istimewa)

Diberitakan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai Drs. H. Hamdani Hasibuan menerima keluarga dari enam orang warga Kota Binjai dan tiga orang warga Kabupaten Langkat yang bekerja di Ukraina yang saat ini terkepung dan terjebak perang antara Rusia dengan Ukraina, di Binjai Command Center (BCC), Senin (7/3/2022).

Kedatangan keluarga para pekerja yang mencari nafkah di sebuah Pabrik Plastik di Kota Chernihiv (sekitar 2 jam dari Kiev, Ibukota Ukraina) ini diinisiasi oleh Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) untuk Ukraina periode 2017-2021, Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi SH., ME. dan PWI Kota Binjai, guna melakukan zoom meeting serta mencari solusi untuk melakukan evakuasi kepada kesembilan pekerja asal Binjai dan Langkat tersebut.

Selain Yuddy Chrisnandi, dalam zoom meeting ini juga tampak keluarga kesembilan pekerja, Dubes RI LBPP untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Binjai Nelly Rosa Hasibuan, S.STP., Ketua PWI Binjai Arma Delisa Budi, mewakili Binjai Berdiskusi Leriadi, Direktorat Eropa 2 yang membawahi Ukraina dan Rusia Winardi Hanafi Lucky, Direktur Perlindungan Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dan Karina Wulandari, serta kesembilan pekerja asal Binjai dan Langkat.

Adapun nama-nama warga Binjai dan Langkat yang bekerja di Chernihiv, Ukraina tersebut, diantaranya enam orang warga Binjai yaitu Iskandar, Muhammad Raga Prayuda, Muhammad Aris Wahyudi, Syahfitra Sandiyoga, Agus Alfirian, Rian Jaya Kusuma. Sedangkan tiga orang warga Kabupaten Langkat yaitu Dedi Irawan, Zulham Ramadhan dan Amri Abas.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini