Lahirnya Anak Gajah di Tangkahan, Menambah Populasi Gajah Sumatera

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Satu ekor anak gajah yang berjenis kelamin betina lahir di Pusat Pelatihan Khusus Resor Tangkahan, yang terletak di kawasan hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser), Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada (1/2) sekira Jam 04.00 WIB.

Proses kelahiran anak gajah pertama kali diketahui oleh petugas Mahout Balai Besar TNGL pada saat Melakukan pemeriksaan rutin. Mengetahui satu ekor indukan gajah akan melahirkan, petugas yang bernama Mahout melakukan penanganan untuk proses kelahiran.

Diketahui anak gajah betina yang baru lahir tersebut memiliki berat badan 60 kg, lingkar dada 104 cm dan tinggi bahu 40 cm.

Anak gajah yang baru lahir itu dilahirkan oleh indukan gajah betina yang bernama Dari yang berusia 42 tahun. Kelahiran anak gajah ini merupakan kelahiran yang kedua dari indukan yang bernama Sari, yang sebelumnya lahir pada tahun 2012 lalu dan diberi nama Amelia.

Indukan gajah yang bernama Sari ini awal mulanya merupakan hasil penangkapan gajah liar di Blok hutan wilayah Gampoeng Kuede Ule Gle, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada tahun 1991 saat Berusia 12 tahun.

Kehamilan Sari diketahui pertama kali di bulan September 2020 pada saat dilakukan pemeriksaan rutin dengan menggunakan alat USG (Ultrasonografi). Pada saat pemerikasaan tersebut didiagnosa Sari pada tahap trisemester akhir.

Lahirnya Anak Gajah di Tangkahan, Menambah Populasi Gajah Sumatera
Anak gajah yang baru dilahirkan indukan gajah yang bernama Sari di Pusat Pelatihan Khusus Resor Tangkahan.

Gajah Sumatera merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi di Indonesia. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Sudiro Kasubag EVLAP (Evaluasi Lapangan dan Data) saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya pada Kamis (4/2) sekira jam 09.00 WIB membenarkan kelahiran anak gajah tersebut.

“Saat ini belum kita kasi namanya dari anak gajah tersebut dan kelahiran anak gajah ini menambah jumlah gajah yg ada ditangkahan skrg menjadi 9 ekor,” cetus Sudiro. Berita Langkat, Wahyu

- Advertisement -

Berita Terkini