Tak Hanya Kritis, PB MBN Resmi Rekomendasikan Ornamen Melayu di Gerbang Simpang Bupati Stabat ke Pemkab Langkat

Tak Hanya Kritis, PB MBN Resmi Rekomendasikan Ornamen Melayu di Gerbang Simpang Bupati Stabat ke Pemkab Langkat
PB MBN Langkat resmi merekomendasikan Ornamen Melayu di Gerbang Simpang Buati Stabat ke Pemkab Langkat.

MUDANEWS.COM, Langkat – Hilangnya ornamen Melayu di gerbang masuk menuju perkantoran Pemerintah Kabupaten Langkat yang menuai kritik beberapa pekan lalu, membuat masyarakat Melayu Langkat tergerak untuk mengingatkan Pemkab Langkat agar lebih mengedepankan kearifan lokal yang sejak lama ada sesuai Hari Jadi Langkat yang sudah mencapai 271 tahun sehingga visi misi Bupati Langkat dalam membangun Bumi Langkat nan bertuah ini menjadi lebih baik lagi sesuai yang di harapkan bersama.

Tak hanya kritis, Pengurus Besar Majlis Belia Negeri (PB MBN) Langkat secara resmi telah menyampaikan masukan dan saran melalui surat rekomendasi ornamen Melayu yang akan di lanjutkan dalam pembangunan gerbang masuk menuju perkantoran Pemkab Langkat.

“Hari ini kita sudah sampaikan rekomendasi tertulis kepada Pemkab Langkat melalui dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan hasil Rapat Dengar Pendapat di ruang Komisi D DPRD Langkat agar berkoordinasi bersama dinas terkait menyangkut persoalan teknis,” ujar Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat pada Selasa (02/02/2021).

Dalam rekomendasi PB MBN Langkat, bentuk atap bertingkap yang menyerupai bentuk payung Melayu beserta ornamen resplang Lebah bergantung juga masuk dalam rekomendasi tersebut.

Selain itu PB MBN Langkat juga memasukkan ornamen Bunga Tanjung yang melambangkan selamat datang sebagai tuan rumah serta memiliki sejarah asal mula kota Tanjung Pura di bagian tengah dinding gerbang beserta ornamen pucuk rebung di bagian bawahnya.

“Kami juga memasukkan bentuk bintang Al Quds sebagai lambang kejayaan umat Islam seluruh dunia sebab tanah Melayu inikan identik dengan Islam yang sudah dikenal sejak lama ada yang dimana terdapat Tuan Guru Babussalam yang penempatannya kita letakkan di bagian bawah yang menjadi pondasi masyarakat Langkat yang religius sesuai dengan visi misi Bupati Langkat bapak Terbit Rencana PA saat ini,” lanjutnya lagi.

“Dalam rekomendasi tersebut, kita hanya menambahkan bentuk dan ornamen yang sesuai dengan jati diri daerah kita beserta makna dan filosofi yang cocok untuk gerbang masuk perkantoran Pemkab Langkat tersebut sekaligus dapat mempercantik dan memperindah hasilnya pada pembangunan lanjutan tahap berikutnya,” ungkapnya melanjutkan.

“Semoga hasilnya nanti dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama sebagai upaya dalam menopang pembangunan daerah membantu Bapak Bupati kita dalam mencapai visi misinya di masa mendatang,” pungkasnya mengakhiri. Berita Langkat, (Red)