Pemkab Asahan, Bantu TKI Asal Asahan yang Kena Dampak Lock Down di Malaysia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Asahan – Ratusan warga Kabupaten Asahan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) saat ini kondisinya sangat memprihatikan dan kelaparan, dikarenakan terimbas Lock Down di Negara jiran Malaysia.

Seorang petugas yang bernama Indra Ringo yang ditunjuk oleh Tim Gugus Tugas Covid 19 melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan mengatakan, saat ini pendataan terhadap TKI asal Kabupaten Asahan ada sekitar lebih kurang 300 orang yang telah di data dan diterima oleh pihaknya.

“Disini TKI Asahan itu kondisinya memang kurang membaiklah sekarang, bang. Banyak bahan pangan yang sudah habis, terus untuk membayar sewa rumah juga nggak ada bang,” kata Indra kepada wartawan dari Malaysia, Jumat (01/05/2020).

Selain itu Indra pun memohon dan meminta kepada Pemerintah Pusat atau Pemerintah Kabupaten Asahan, untuk segera dapat mengembalikan para TKI ke Indonesia atau Kabupaten Asahan.

“Kalau boleh saya meminta secepatnya, kepada Pemerintah agar mengembalikan para TKI. Kasianlah mereka, buat apa disini menahankan lapar, ini kan kemanusiaan bang,” harap Indra dengan nada penuh lirih kesedihan.

“Benar bahwa Ketua Gugus Tugas Kabupaten Asahan melalui staf Disnaker saudara Catur telah menghunjuk dan menyuruh Indra Ringo untuk melakukan pendataan nama-nama para TKI asal Asahan di Malaysia,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Rahmat Hidayat Siregar S.Sos, MSi dan selaku Kadis Kominfo Asahan.

Sementara itu Hidayat juga mengatakan, setelah didata semua TKI asal Asahan, baru Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan H.Surya BSc segera mengirimkan surat dan melaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Langkah ini diambil dengan tujuan untuk mengurus segala administrasi ke pihak Kementerian Perhubungan,” ungkap Hidayat.

Selanjutnya Gubsu melaporkan dan meneruskan permohonan dari Ketua Gugus Tugas Kabupaten Asahan untuk dapat memulangkan sendiri warga Kabupaten Asahan.

“Kita berharap semoga setelah didata para TKI asal Asahan, dapat kita lakukan proses pengurusan administrasi untuk segera mengembalikan warga Asahan secepatnya. Kepada masyarakat Asahan kami mohon doanya, agar para saudara kita yang bekerja di Malaysia dapat segera kembali ke Asahan dan wabah Virus Corona (Covid-19) ini cepat berlalu,” pungkasnya. Berita Asahan, Rudi

- Advertisement -

Berita Terkini