Mahasiswa KKN UIN SU, Semarakan Kegiatan di Desa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Asahan – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Tahun 2023 kelompok 78 menggelar kegiatan Gebyar Muharram lomba Festival Anak Sholeh dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H di Masjid Al-Kautsar, Dusun IV, Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini berlangsung dalam sehari yakni pada hari Ahad (06/8/2023).

Muharram adalah salah satu bulan yang sangat mulia di dalam Islam. Dengan itu mahasiswa KKN 78 UIN Sumut tak membiarkan kemuliaan bulan Muharram terlewat begitu saja.

Gebyar Muharram dilaksanakan bertujuan untuk mengingat sejarah tahun baru di dalam Islam dan juga untuk memupuk rasa cinta anak-anak generasi milenial kepada Allah SWT dan juga perjuangan nabi Muhammad SAW.

Tema besar yang diangkat gebyar Muharram ini adalah “Membangun Generasi Milenial Yang Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Keagamaan”.

Rangkaian kegiatan Gebyar Muharram Festival Anak Sholeh ini diisi dengan berbagai perlombaan keagamaan, mulai dari lomba Fashion Show (Busana Muslim), mewarnai, Adzan, Surah Pendek hingga Cerdas Cermat.

Kegiatan ini melibatkan anak-anak remaja masjid Al-Kautsar dan anak-anak Desa Sei Alim Ulu. Untuk mencegah peserta lomba agar tidak membludak, panitia acara membatasi peserta dan dikhususkan untuk Dusun III, IV dan V. Kegiatan ini mendapat antusias yang besar dari masyarakat setempat dan ikut turut meramaikan acara Gebyar Muharram Festival Anak Sholeh.

Dalam kegiatan ini tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat seperti Kepala Desa Sei Alim Ulu Mahmudi, Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Kautsar Idris, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Rizal, Muhammad Yamin Butar-Butar SSosI, SPdI tokoh masyarakat dan sekaligus juri utama lomba adzan dan surah pendek
serta Kepala Dusun III, IV dan V.

Fokus pada nilai-nilai Islami dan pengembangan karakter, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. “Kami berharap acara ini dapat meramaikan dan memotivasi anak-anak serta remaja masjid Desa Sei Alim Ulu dalam meraih prestasi serta tumbuh sebagai individu yang cerdas dan berakhlak mulia,” kata Fadlan Aulia, Ketua Kelompok 78 KKN UIN SU.

Apresiasi yang besar juga datang dari Mahmudi selaku Kepala Desa Sei Alim Ulu. Ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN. “Saya mewakili masyarakat Desa Sei Alim Ulu sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN 78 UIN SU yang telah datang ke desa kami untuk mengabdi dan ikut memeriahkan tahun barun Islam dengan acara Gebyar Muharram Festival Anak Sholeh ini. Melihat antusiasme anak-anak Desa yang begitu tinggi, saya merasa bahwa kegiatan ini berperan penting dalam membentuk generasi masa depan yang berakhlak baik, cerdas, dan berjiwa Islami,” kata Mahmudi.

Sementara Idris, Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Kautsar, dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Rizal, juga tak ketinggalan memberikan dukungan dan apresiasi. Ia merasa bangga atas upaya Kelompok KKN 78 UIN SU dalam menyelenggarakan kegiatan ini, serta memberikan semangat bagi semua peserta dan anggota Kuliah Kerja Nyata Kelompok 78.

“Dengan harapan agar semangat juang tetap terjaga, berpesan agar peserta yang tidak meraih kemenangan tetap semangat dan optimistis dalam menghadapi perlombaan mendatang,” ujarnya.

“Kami mahasiswa KKN 78 UIN-SU mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, terutama kepada Kepala Desa Sei Alim Ulu, Badan Kenaziran Masjid (BKM), remaja Masjid Al-Kautsar dan kepada dosen pembimbing lapangan (DPL) yang telah datang memberikan arahan serta motivasi. Serta teman-teman KKN 78 UINSU dan kepada seluruh pihak yang ikut membantu mensukseskan acara ini sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” timpal Fadlan Aulia.

Dengan diadakannya acara gebyar Muharram Festival anak Sholeh ini, harapnya, dapat memotivasi para anak Desa Sei Alim Ulu dalam meraih prestasi dan dapat menjadi pengalaman yang berkesan bagi mereka.

“Dan juga semoga kelak adik-adik yang turut meramaikan acara menjadi insan yang penuh cinta akan Islam,” pungkas Ketua Kelompok KKN. (Divisi Humas KKN Kelompok 78 Tahun 2023.

Editor: Rahim Daulay

- Advertisement -

Berita Terkini