Listrik Padam Saat Ramadan, Gubernur Bilang Ada Masalah Teknis

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pemadaman listrik di sejumlah tempat di Sumatera Utara saat Ramadan membuat berang masyarakat.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengatakan, pemadaman listrik karena ada masalah teknis. Tengku Erry juga sudah mendengar banyak keluhan dari masyarakat.

“Banyak saya terima keluhan masyarakat tentang masih padamnya listrik disejumlah titik awal bulan Ramadan ini. Walaupun bukan tupoksi kami, namun apapun persoalan di Sumatera Utara harus kita sikapi dengan bijak. Kita sudah menanyakan ini kepada pihak PLN,” Kata Tengku Erry, dari pernyataan yang diterima Minggu (28/5/2017).

Dia juga mengatakan masalah teknis itu dikarenakan bebean berlebih terhadap trafo. Bisa jadi penyebabnya masih maraknya pencurian arus listrik. Selain itu faktor alam juga menjadi penentu.

“Laporan yang kami terima dari lapangan kemarin, akibat hujan dan angin ada kawat putus di Jalan Setia Budi Medan dikarenakan pohon tumbang, saat ini penormalan dilakukan bertahap. Daerah Medan Selayang dan Tuntungan cuaca hujan dan angin kencang menyebabkan gangguan. Kabel schoon terbakar kini sedang penanganan. Estimasi 30 menit ke depan diupayakan normal,” terangnya.

Tengku Erry kembali menjelaskan berdasarkan kemampuan daya yang ada, listrik Sumut aman seiring telah tibanya kapal pembangkit listrik Marrine Vessel Power Plant (MVPP) 240 MW di Pelabuhan Belawan. Menurut informasi yang diterimanya dari pihak PLN sudah bisa memenuhi kebutuhan daya listrik di Sumatera Utara dan Aceh mencapai 1.850 Mega Watt. Hanya saja PLN hanya memiliki cadangan daya sedikit. Oleh karenanya kehadiran MVPP akan menambah cadangan daya listrik sebesar 240 Megawatt.

“Memang kalau kebutuhan daya kita sudah cukup. Tapi tentu kalau ada masalah atau pembangkit kita sedang drop kita masih punya defisit 240 megawatt dari MVPP dan surplus ini dapat diberikan ke provinsi lain,” pungkasnya. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini