Jelang Ramadan, GP Ansor Sijunjung Bersama Aktivis Sijunjung Buka Bazar Murah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Sijunjung akan membuka bazar murah dari Selasa sampai Sabtu, 5 s.d 9 Maret di Ansor Mart Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sijunjung, Fadhlur Rahman Ahsas kepada media pada Selasa Pagi, 5 Maret 2024.

Guslur sapaan akrabnya menyebut gerakan bazar murah tersebut merupakan upaya mereka dalam menekan kenaikan harga sembako yang cenderung meningkat akhir-akhir ini apalagi menjelang bulan Ramadan 1445 Hijriah/ 2024 Masehi.

Dengan fenomena rutinitas yang terjadi setiap tahun tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sijunjung, Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) Cabang Sijunjung, Mahasiswa Universitas Padang (UNP) Kabupaten Sijunjung, Masyarakat Peduli Sijunjung, Solidaritas Pemuda Sijunjung serta Anak Muda Nagari Palangki Hebat dalam menyelenggarakan agenda tersebut sebagai bentuk kepedulian.

Melihat fenomena kenaikan harga sembako terutama beras, pihaknya mengajak seluruh elemen untuk peduli akan fenomena tersebut, apalagi kenaikannya terhadap beras dan minyak semakin cendrung tajam.

“Saya bersama sahabat pengurus GP Ansor Sijunjung melihat fenomena ini langsung beraksi dan mengajak para aktivis seperti HMI, Mahasiswa UNP, dan para Pemuda Nagari untuk terjun bersama menjadi solusi ditengah masyarakat dalam menekan dan meringankannya,” ucapnya.

Fadhlur menyebut secara umum, harga beras mengalami kenaikan sejak dari bulan Januari 2024. Sebelumnya beras medium di Sijunjung Rp.13.500.-/kg menjadi 15.000 /kg. Sedangkan untuk beras Premium sebelum kenaikan Rp.16.000 /kg setelah kenaikan menjadi Rp.16.500 /kg sampai dengan sekarang di angka Rp. 17.000 /Kg.

Untuk saat ini, para Pemuda Sijunjung dengan gerakan bersama dan peduli bersama tersebut menyelenggarakan bazar murah guna menjadi sedikit solusi dan melihatkan kepedulian para aktivis Sijunjung, serta mahasiswa Sijunjung dalam menyikapi fenomena rutin ini dengan tema “Ramadan Berkah dan Bahagia Bersama”

“Kita melihat rasa kepedulian para anak muda dan aktivis terhadap fenomena kenaikan harga sembako, insyaallah akan menjual sembako dibawah harga modal, seperti beras harga premiumnya Rp.17.000/Kg dengan kami jual seharga Rp. 16.000/ Kg dengan bungkusan karung 5 kg dengan harga Rp 81.000/ karung, untuk Minyak Rizki Botol Rp. 18.000/ botol kita menjual di bazar Rp.15.000/botol, sedangkan Susu Cap Tiga Sapi harga jual pasaran Rp. 15.000/kaleng 500 g dibazar kita jual Rp. 12.000/kaleng 500g serta terakhir Teh Celup Kotak merek Sarimurni Rp 7.500 dipasaran kita jual Rp. 5000/kotak. Dengan kesemuanya kami total kan dengan harga Paket Sembako Rp 100 ribu,” ucapnya.

Gus Lur menjelaskan, Bazar Murah ini diadakan di Ansor Mart Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung. Masyarakat mendapatkan paket ini harus membawa Kartu Keluarga (KK).

Ia menegaskan, bahwa kendatipun dengan harga modal, tapi tetap di hargai total 100 ribu walau total dengan 4 item barang tersebut sebesar Rp. 113.000/ 4 item barang.

“Hal ini sejujurnya adalah sebuah gerakan kepedulian bersama untuk menciptakan Ramadan penuh berkah dan bahagia bersama dalam menyambut hari kemenangan yang fitri di tahun ini,” jelasnya.

“Alhamdulillah ini murni gerakan kepedulian aktivis untuk masyarakat dalam menyambut Ramadan dengan riang gembira dan berkah bersama, serta saya juga menghimbau kepada masyarakat Sijunjung untuk dapat cermat dalam memilah dan memilih kebutuhan selama bulan suci Ramadan, penuhi kebutuhan primer atau bahan pokok terlebih dahulu, jangan terlalu boros di bulan Ramadan, fokus kita untuk beribadat menggapai ridho ilahi serta mendapatkan kemenangan dihari yang fitri,” pungkasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini