Kapolres Langkat Peduli dengan Cagar Budaya, Letakan Batu Pertama Renovasi Makam Syekh Ali Mansur 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat –  Kondisi situs Cagar Budaya Makam Ulama Terdahulu Syekh Ali Mansyur yang berada di daerah Bukit Mariyam, Dusun Sei Mati Bukit Tua, Desa Buluh Telang , Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara sungguh memprihatinkan.

Dalam keterangannya Adi selaku masyarakat sekitar mengatakan, sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten ,(Pemkab,) Langkat, khususnya Pemerintah Desa Buluh Telang beserta Pemerintah Kecamatan Padang Tualang bisa merawat, membersihkan dan memberikan bantuan untuk memugar makam.

Mendengar informasi terkait tidak terurusnya salah satu cagar budaya yang semestinya di jaga dan dilestarikan sebagai sejarah dalam kesempetan tersebut Kapolres Langkat Polda Sumut turun langsung untuk meninjau cagar Budaya Makam Syekh Ali Mansur Sei Mati Bukit Tua, Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Rabu (7/12/2022).

“Kalau bukan kita siapa lagi, jika kita ingin maju dalam ekonomi adat budaya, kita wajib mengingat jasa Leluhur terlebih Ulama terdahulu, saya melihat ini sangat sedih, makam ini tidak terawat tidak terurus yang seharus ini adalah salah satu peninggalan sejarah Kabupaten Langkat,” kata Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK.

Kapolres Langkat juga memberikan bantun kepada juru kunci makam untuk bisa membantu dalam memperbaiki keada makam

“Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk membantu dan meletakan batu pertama renovasi Makam Syekh Ali Mansur,” lanjutnya.

Kapolres Langkat
Makam Syekh Ali Mansur

Kapolres Langkat juga menyampaikan masyarakat akan lebih mudah apabila ingin berwisata religi. “Semoga kedepan masyarakat yang peduli dengan sejarah dan ingin bekunjung ke Makam Syekh Ali Mansur bisa lebih mudah dan lebih nyaman,” pungkasnya

Lutfi selaku Pemerhati Budaya Leluhur mengucapkan terimakasih atas kepedulian Kapolres Langkat terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten Langkat.

“Terima kasih pak Kapolres atas kehadirannya, atensinya, semoga ini jadi ladang pahala bagi semua. Doa kami untuk pak Kapolres Langkat atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Langkat, semoga beliau sehat selalu, panjang umur, dan kairnya lebih cemerlang,” tutupnya. (VLD,)

- Advertisement -

Berita Terkini