Safari Ramadhan Al-Ittihadiyah di Labuhanbatu Utara dan Sekitarnya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu Utara – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara bekerjasama dengan DPW Al-Ittihadiyah Sumatera Utara melaksanakan Safari Ramadhan 1442 H di Labuhanbatu Utara (Labura) pada hari Ahad tanggal 2 Mei 2021 bertepatan tanggal 21 Ramadhan 1442 Hijriyah.

Safari Ramadhan itu dilakukan pada empat masjid yaitu: Masjid At-Taqwa Simpang Tiga Tanjung Pasir, Masjid Nurul Ikhlas Desa Panjang Bidang I, Masjid Pertanian Desa Gunting Saga dan Masjid Jami’ Simpang Aek Kuasan.

Adapun Tim Safari Ramadhan di Masjid At-Taqwa Simpang Tanjung Pasir dipimpin langsung oleh Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labura beserta tim.

Beliau menyampaikan bahwasanya bulan Ramadhan adalah bulan maghfirah yaitu bulan ampunan. Potensi dan peluang ampunan Allah SWT begitu luas diberikan selama bulan Ramadhan dan harus dimaksimalkan, maka sesuai dengan peringatan hadis Rasulullah SAW. Sungguh celakalah orang yang mendapati bulan Ramadhan tetapi tidak mendapatkan ampunan Allah SWT.

“Mengajak jama’ah untuk memaksimalkan ibadah pada bulan Ramadhan sehingga kualitas ibadah pada Ramadhan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya,” himbaunya.

Pada akhir kegiatan safari Ramadhan di Masjid tersebut Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara menyerahkan Al-Qur’an dan buku-buku keislaman kepada kenaziran Masjid At-Taqwa dan Jama’ah untuk dapat dimanfaatkan dengan baik.

Safari Ramadhan Al-Ittihadiyah
Ustadz Hamdan Manurung menyerahkan Alquran dan buku-buku keislaman kepada Kenaziran Masjid dan Jama’ah yang hadir

Pada Masjid Nurul Ikhlas Desa Panjang Bidang I tim safari Ramadhan langsung dipimpin oleh Ustadz Drs. Hamdan Manurung yang merupakan Ketua DPD Al-Ittihadiyah Toba Samosir.

Hamdan menyebutkan 2 (dua) pesan penting yaitu: Pertama, bahayanya narkoba menyerang Indonesia/generasi bangsa dan ini merupakan faktor yang turut memperbesar masalah generasi muda. Anak-anak muda seperti remaja mesjid lah yang nantinya menentukan kemajuan mulai dari kampung ini sampai negara bahkan sampai Akhirat.

Ia juga mengajak untuk menjaga para pemuda dengan memberikan bekal, baik pemahaman, perhatian dan pendidikan mereka.

Kedua, lanjut Hamdan, wajib menuntut Ilmu bagi Kaum Muslimin-Muslimat. “Alhamdulillah untuk saat ini Dewan Pimpinan Wilayah Al-ittihadiyah Sumatera Utara memberi perhatian Tinggi terhadap pendidikan, pendidikan sebagai ladang dakwah bagi Organisasi Islam ini (Al-Ittihadiyah) dengan memfasilitasi setiap generasi untuk menimba ilmu dengan mendirikan sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ittihadiyah di Labuhanbatu Utara,” tuturnya.

Safari Ramadhan Al-Ittihadiyah di Labuhanbatu Utara
Al-Ittihadiyah menyerahkan Alquran dan buku-buku keislaman kepada Kenaziran Masjid dan Jama’ah yang hadir

Adapun Safari Ramadhan yang dilakukan di Masjid Pertanian Desa Gunting Saga dipimpin langsung oleh Drs. H. Hasan Maksum MA yang merupakan Ketua DPD Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.

Acara tersebut dihadiri sekitar 80 jemaah, pesan penceramah bahwa setelah Ramadhan akan muncul perubahan dari setiap kepribadian semua ummat manusia, menjadi tawadu’ dan qonaah.

“Sehingga ketika Ramadhan berakhir maka sikap adanya ketawadu’an setiap muslim akan muncul sebagai hasil dari nikmat puasa yang afdol,” pesan Tuan Guru Air Hitam Hasan Maksum.

“Dalam kehidupan kita yang namanya kehidupan bermasyarakat harus dijaga dengan sikap yang tawadu’ dan tanpa sikap sombong. “Laa Tamsi Fill Ardi Marha”. Janganlah berjalan dimuka bumi dengan sombong ulas beliau dengan lantang,” jelas Hasan Maksum.

Pada tempat yang berbeda, Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd selaku Ketua DPW Al Ittihadiyah Sumatera Utara juga turut menjadi penceramah ramadhan pada kegiatan safari Ramadhan 1442 H, tepatnya di Masjid Jami’ Simpang Aek Kuasan.

Pada kegiatan ini, Ketua DPC Al Ittihadiyah Aek Kuasan Dimas Setiyawan, S.Sos.I., M.Psi turut hadir membuka dan memberikan kata sambutan ditengah-tengah jamaah Sholat Isya dan Tarawih.

Ketua DPC Al Ittihadiyah Aek Kuasan, juga mengungkapkan bahwa Al-Ittihadiyah merupakan organisasi keagamaan yang bergerak pada bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan.

“Sudah saatnya umat Islam bersatu dan jangan mudah dipecah belah dan diadu domba,” tambahnya.

Antusias jamaah dalam mendengar ceramah Ketua DPW Al-Ittihadiyah itu, terlihat dari ungkapan yang disampaikan Ketua BKM Masjid Jami’ Setiawan. “Kedatangan ustadz yang bergelar akademik profesor yang difasilitasi oleh STIT dan DPW Al-Ittihadiyah merupakan kehormatan yang sangat luar biasa bagi Jamaah Masjid Jami’ Simpang Aek Kuasan,” kata Setiawan.

Disamping itu, keragaman jamaah mulai dari orangtua, remaja, anak-anak dan beberapa mahasiswa STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Hal ini menunjukkan bahwa jamaah turut antusias dalam menyambut kedatangan Ketua DPW Al Ittihadiyah pada acara Safari Ramadhan STIT dan DPW Al-Ittihadiyah Labura.

Safari Ramadhan Al-Ittihadiyah di Labuhanbatu Utara
Ketua DPW Al Ittihadiyah Provinsi Sumatera Utara Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd foto bersama jamaah masjid dan mahasiswa

Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd memberikan motivasi beribadah kepada para jamaah, baik dalam bentuk ibadah wajib maupun Sunnah. “Karena tepat malam ke 21 Ramadhan merupakan bagian 10 malam ketiga dengan ganjaran terlepas dari siksa api neraka, ungkapnya.

Kegiatan Safari Ramadhan 1442 Hijriyah yang dilakukan keluarga besar Al-Ittihadiyah di empat masjid ini mendapat perhatian dari jama’ah dan masyarakat.

Pengurus masjid berharap kegiatan ini terus dilaksanakan dan berharap berlanjut setelah hari raya Idul Fitri dengan acara Halal bi Halal. Pengurus kenaziran masjid berterima kasih atas pemberian Alquran dan buku-buku keislaman yang diberikan kepada kenaziran dan jama’ah. Mereka juga mendoakan semoga Al-Ittihadiyah dan STIT Al-Ittihadiyah semakin sukses dan maju ke depan. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini