Diskusi Perdana Ruang Literasi, Sejarah Literasi di Dunia Islam

Diskusi Perdana Ruang Literasi
Flyer

MUDANEWS.COM, Medan – Ruang Literasi sebagai wadah baru melakukan Launching dan Diskusi perdana dengan mengangkat tema “Sejarah Literasi di dunia Islam” dengan pemateri Lektor Kepala Sejarah/Dosen Sejarah Peradaban Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Dr H M Yakub Amin MA dan dimoderatori oleh Founder ataupun pengagasnya yaitu Januari Riki Efendi SSos.

Ruang Literasi yang digagas oleh Januari Riki Efendi SSos adalah wadah baru yang bergerak dalam bidang literasi. Melihat fenomena pemuda yang lemah akan jiwa membaca dan literasi, maka Januari memiliki inisiatif untuk mendirikan sebuah wadah untuk menaungi para pemuda khususnya mahasiswa untuk mau membaca dan menguatkan sikap literasi.

Diskusi kali ini mengikutsertakan elemen lain seperti Fakultas dakwah dan Komunikasi UIN-SU, juga Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN-SU, hadir juga beberapa dosen, baik dari UIN-SU dan UIN Syarif Hidayatullah, juga aktivis baik dari PMII, HMI, IMM, juga beberapa komunitas mahasiswa pada Kamis (18/2/2021).

Diskusi Perdana Ruang Literasi
Diskusi Literasi melalui meeting zoom

Kegiatan ini mengambil tema Sejarah Literasi di Dunia Islam, dikarenakan umat Islam harus paham pentingnya literasi dan bagaimana sejarah Islam mencatat, bahwa Islam adalah agama yang dituntut bagi umatnya untuk mencintai Literasi.

Dr H M Yakub Amin MA mengatakan, bahwa lemahnya pemuda Islam saat ini dalam bidang literasi ada lima faktor yaitu : kecenderungan 1.Food, 2. Fun, 3. Fashion, 4. Glamour. 5. Pornografi. Kelima hal itu muncul dikarenakan sikap, Hedonistik dan Pragmatis.

“Sangat mengapresiasi Wadah Ruang Literasi ini sebagai komunitas yang akan membawa semangat literasi bagi kaum muda. Maka untuk memperbaiki jiwa literasi umat Islam, pastinya dibutuhkan wadah dan wadah Ruang Literasi ini menjadi wadah yang tepat,” tutur Yakub.

Ruang Literasi sebagai wadah baru akan menjadi penggerak utama bagi pemuda dan mahasiswa khususnya di Sumut dalam hal literasi. Kegiatan rutin Ruang Literasi kedepan ialah, diskusi, bedah buku, bedah jurnal, menulis, dan lainnya yang berkaitan dengan bidang literasi.

Diskusi Perdana Ruang Literasi
Diskusi Literasi melalui meeting zoom

Januari Riki Efendi SSos sebagai founder ataupun penggagas Ruang Literasi ini sangat berharap para pemuda dan Mahasiswa mau ikut andil dalam Ruang Literasi ini untuk memperbaiki semangat Literasi di Sumut Khususnya. (red)