Peresmian RS Khusus Mata, Tengku Erry Minta Permasalahan Mata Bisa Diatasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry berharap dengan diresmikannya Rumah Sakit Khusus Mata Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bisa menuntaskan permasalahan mata.

Rumah sakit itu berada di Jalan Kapten Sumarsono No.1 Medan. Menurut Tengku Erry masalah kebutaan pada masyarakat sangat erat kaitannya dengan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata.

“Dengan adanya rumah sakit khusus mata ini pelayanan masyarakat di Sumatera Utara khususnya di bidang mata bertambah,” kata Tengku Erry Jumat (2/6/2017).

Dia juga mengatakan, pasien yang datang berobat ke UPT rumah sakit mata yang paling sering yaitu penyakit katarak, myopia, kelainan retina, glaukoma dan lain-lain.

“Ini bila tidak diobati akan menimbulkan kebutaan pada masyarakat,” ujar Gubsu Erry.

Oleh karenanya diharapkan petugas kesehatan melacak dan mencari penderita sebanyak-banyaknya untuk diobati di pelayanan mata di UPT rumah sakit khusus mata.

“Petugas kesehatan khususnya mata diharapkan lebih aktif lagi mencari para penderita khususnya penyakit mata, karena masih banyak masyarakat belum memahami adanya RS UPT khusus mata ini. Guna peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Tengku Erry.

Gubsu juga mengharapkan selain pelayanan, sumber daya manusia bidang pelayanan kesehatan masyarakat ini harus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dilayani secara profesional.

“Bila memungkinkan diberikan insentif bagi dokter-dokter spesialis khususnya spesialis mata, guna memberi semangat dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Tengku Erry.

Selain itu infrastruktur rumah sakit juga harus terus ditingkatkan dengan pengadaan fasilitas-fasilitas dan peralatan yang reprenstatif. Sementara Kadis Kesehatan Provsu Agustama mengharapkan dengan keberadaan RS ini dapat menjadi RS Khusus mata yang profesional sesuai dengan keinginan masyarakat.

UPT RS Khusus Mata ini lanjutnya memiliki visi sebagai pusat pelayanan rujukan kesehatan mata dan THT masyarakat Provinsi Sumatera Utara.

“Salah satu misinya memberikan pelayanan prima kesehatan mata dan THT masyarakat secara profesional,” ujar Agustama.

Disampaikan Agustama bahwa UPT RS khusus mata melayani dua pelayanan kesehatan mata dan THT. Setiap tahun sejak tahun 2014 pelayanan mata dan THT meningkat, terlihat dari kunjungan berobat jalan sebanyak 8.996 kunjungan. Tahun 2015 kunjungan berobat jalan sebanyak 15.779 dan 2016 sebanyak 15.978 kunjungan.

“UPT RS Khusus Mata juga melakukan operasi katarak dengan jumlah operasi sebanyak 230 pasien dengan menggunakan alat Phacoemulsi,” sebut Agustama. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini