Seminar Nasional Internal Audit 2017, Ini Pesan Gubernur

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta para auditor memiliki kualitas yang semakin baik demi tata kelola keuangan yang makin baik pula.

hal itu disampaikan Tengku Erry saat membuka Seminar Nasional Internal Audit 2017 di Hotel JW Marriot Medan, Selasa (9/5/2017). Seminar itu juga diikuti peserta dari luar negeri yaitu Timor Leste.

“Kita berharap ada ilmu baru di bidang internal audit sehingga ada sharing informasi antar peserta yang bisa menambah pengetahuan berdasarkan pengalaman yang ada. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Sumut dan Indonesia. Semoga bisa mewujudkan tata kelola keuangan yang baik di pemerintahan maupun swasta,” katanya.

Pemerintah Provinsi Sumut ingin menjadi bagian dari seluruh upaya perbaikan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Sumut. Karenanya, salah satu upaya mewujudkannya adalah dengan peningkatan kualitas internal audit.

Tengku Erry mengingatkan, internal audit tidak lagi dijalankan dengan pola pemeriksaan untuk mencari kesalahan manajemen yang berujung pada pembuatan daftar kesalahan yang tidak berhenti pada upaya bagaimana menyelesaikan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut agar menjadi pembelajaran di masa depan. Internal audit harus dapat berperan sebagai konsultan dan penjamin kualitas atas terlaksananya kegiatan organisasi. Mulai dari tahapan proses perencanaan dan pelaksanaan, bahkan hingga menjamin dan memastikan output dan outcome atas aktifitas kegiatan organisasi telah memeberikan efek sesuai dengan tujuan organisasi.

Dia juga berharap internal audit fokus pada masa depan yaitu memberikan jaminan bahwa upaya pada saat ini dikerjakan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang maksimal dari tujuan organisasi melalui pengukuran resiko dan peningkatan kesiapan organisasi menghadapi resiko.

Hadir dalam seminar nasional tersebut diantaranya pembina Yayasan Pendidikan Internal Audit Setyanto P Santoso, Kepala BPKP Sumut Mulyana, Kepala Inspektorat Provsu Ok Hendry, Inspektur General of Republic Democratic Timor Leste Francesco de Carvalo. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini