Istana Maimun, Wisata Sejarah Kerajaan Deli di Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Istana maimun adalah istana peninggalan kerajaan Sultan Deli di Kota Medan yang berada di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Sukaraja Kecamatan Medan Maimun.

Istana Maimun merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah masa kerajaan melayu Sultan Deli ke- IX yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana Maimun mulai dibangun pada 26 Agustus 1888 dan selesai selama 3 tahun yang sekaligus diresmikan pada tanggal 18 Mei 1891.

Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 meter persegi dan terdiri dari 30 ruangan, 2 lantai dan memiliki 3 bagian. Bagian tersebut melingkupi bangunan induk, bangunan sayap kanan dan bangunan sayap kiri. Istana maimun didominasi warna kuning yang melambangkan warna kerajaan melayu.

Sejak tahun 1946 istana maimun dihuni para ahli waris kerajaan deli yang dapat ditemukan sejarah para warisnya didalam gedung istana. Dalam waktu tertentu pihak istana mengadakan sebuah pertunjukan musik tradisional Melayu. Pertunjukan tersebut dihelat dalam rangka memeriahkan pesta perkawinan dan kegiatan sukacita lainnya. Selain itu, dua kali dalam setahun, Sultan Deli biasanya mengadakan acara silaturahmi antar keluarga besar istana.

Para pengunjung dapat masuk kedalam istana hanya dengan merogoh kocek sebesar Lima ribu rupiah dan akan dipandu oleh guide yang akan menjelaskan secara detail sejarah kerajaan kesultanan deli, serta sudah bisa puas melihat-lihat koleksi yang dipajang di dalamnya seperti foto-foto keluarga sultan, perabot rumah tangga Belanda kuno, sejarah peradaban, berbagai jenis senjata dan beberapa peninggalan sejarah lainnya.

Istana maimun kini menjadi tempat wisata sejarah di Kota Medan, selain dapat mengetahui sejarah kesultanan deli, para pengunjung juga dapat berfoto menggunakan pakaian adat melayu yang disewakan didalam istana, selain itu pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh ciri khas kerajaan sultan deli dan oleh-oleh khas medan. Berita Medan, Ahmad Maherdika Hsb

- Advertisement -

Berita Terkini