Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara Menggelar Seminar Transformasi Sistem Kesehatan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Batu Bara melaksanakan Seminar transformasi sistem kesehatan, di Aula Singapore Land, Selasa (15/8/2023).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB, dr Deni Syahputra melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi SKM M.Kes mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan fasilitas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Dengan mengundang 3 narasumber yakni daribSeminar Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan PPKB, Dinas PMD dan Bapelitbangda yang diikuti seluruh Kepala Puskesmas dan Sekretaris Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara.

Ia menjelaskan kegiatan dititikberatkan pada  pembinaan Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu) dalam rangka integrasi layanan primer Kabupaten Batu Bara Tahun 2023.

Dikatakannya, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu”, ucap Fuad.

Tampil sebagai narasumber (pemateri) Abdul Fuad Helmi SKM M.Kes mengungkapkan Kemenkes berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan melalui 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia.

Sedangkan 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia dilakukan melalui 6 langkah kongkrit,”Ujar Fuad.

Keenam langkah tersebut adalah transformasi layanan primer dalam bentuk edukasi penduduk, pencegahan primer, pencegahan sekunder dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan primer.

Kemudian transformasi layanan rujukan dengan meningkatkan akses da mutu layanan sekunder dan tersier.  Selanjutnya transformasi sistem ketahanan Kesehatan dengan meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan, memperkuat ketahanan tanggap darurat.

“Dan 3 langkah berikutnya menyangkut transformasi sistem pelayanan kesehatan serta transformasi SDM Kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan”, ungkapnya.

Fuad mengungkapkan bahwa Pemkab Batu Bara akan mengembangkan Pustu menjadi Posyandu Prima di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Nibung Hangus dengan 5 Pustu, Tanjung Tiram dengan 6 Pustu, Talawi dengan 5 Pustu dan Lima Puluh Pesisir dengan 4 Pustu. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini