Jalan Proklamasi Stabat Rusak, Warga: Seharusnya Pemda Tidak Sepenuhnya Lepas Tanggungan ke HKI

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Sudah dua pekan, Jalan Proklamasi Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara rusak dan berlubang belum juga diperbaiki.

Pantauan mudanews.com, Selasa (27/7/2021), warga yang melintas selalu berhati-hati melewati jalan yang berlubang dan rusak yang merupakan jalan menuju Kantor Bupati Langkat.

Rangga, salah seorang warga Langkat menyayangkan Jalan Proklamasi tersebut belum diperbaiki. Ia menegaskan Pemkab Langkat tidak perlu memberikan beban ke PT HKI.

“Seharusnya Pemerintah Daerah (Pemda) tidak sepenuhnya melepas tanggungan ke HKI,” tegas Rangga.

HKI itu, sambungnya, menjalankan program pemerintah pusat untuk pembangunan insfrastruktur demi Indonesia Maju.

“HKI ada juga menjalankan rencana pembangunan dari pusat, harusnya pemerintah tidak membebankan penuh kepada HKI,” ujarnya.

Dari segi kualitas jalan harus diperhatikan juga. “Dari segi tekstur pembuatan jalan juga perlu diperhatikan tingkat ketahanannya,” ungkapnya.

Lanjut Rangga, dengan membebankan kesalahan ke HKI sepenuhnya terkesan pemerintah daerah dinilai seakan kurang mendukung secara kuantitas.

Sebelumnya, Plt Kadis PUPR Langkat H. Sujarno S.Sos., MSi memberikan tanggapan, Ia membeberkan persoalan jalan rusak di wilayah Ibukota Stabat bahwa kerusakan ringan yang berada di sepanjang jalan utama kantor bupati, yakni Jalan Proklamasi, diakibatkan akses dari lalu lintas truk-truk ukuran besar yang membawa material pembangunan jalan Tol Binjai–Stabat, yang tidak bisa dihindari.

“Untuk mengatasi sementara kerusakan jalan tersebut sesuai dengan perjanjian dengan pihak HKI, selaku pelaksana pembangunan tol, akan ditangani pihak HKI, sedangkan untuk perbaikan secara permanen sudah tentu akan dilaksanakan jika pembangunan jalan rige Binjai-Stabat sudah rampung dikerjakan,” jelas Sujarno kepada mudanews.com, Senin (12/7/2021).

Oleh karenanya, tutur dia, dimohon kesabaran kepada masyarakat pengguna jalan, itulah akses samping dari proses pembangunan. “Sementara untuk perbaikan Jalan Proklamasi yang saat ini dikeluhkan warga masyarakat, pihak PUPR Langkat sudah berkoordinasi dengan pihak HKI dan segera untuk ditindaklanjuti,” tegasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini