Hindari Konsentrasi Massa, Megang Dilaksanakan Perkecamatan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Untuk menghindari Konsentrasi Massa dan Physical Distancing (jaga jarak antar sesama) sesuai aturan protokol kesehatan, hari megang yang merupakan tradisi orang Aceh dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan kita himbau agar dilaksanakan diwilayah Kecamatan masing-masing agar keramaian tidak terpusat pada satu tempat.

Demikian dikatakan Walikota Langsa Usman Abdullah, SE., melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Langsa M. Husin, S.Sos. MM., di Aula Rapat Pendopo Walikota Kamis (16/4/2020).

“Kita terus antisipasi dan tidak boleh lengah terhadap Covid-19 walaupun kita memasuki bulan puasa,” ujar Kabag Humas Protokol Setda Kota Langsa, M. Husin, S.Sos. MM.

Kemudian lanjut M. Husin dalam Press Releasnya kepada awak media bahwa pembagian lapak nantinya harus disosialisasikan tidak berdasarkan kepentingan pribadi, tapi kepentingan umum.

Jarak lapak 2 (Dua) meter dengan lapak yang lain. Forkopincam harus pro aktif diwilayahnya dan koordinasi dengan instansi terkait agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

“Berkaitan dengan lokasi dapat dimusyawarahkan kami cukup dilaporkan saja.
Aturan di Kecamatan nantinya harus diberlakukan sama, pembeli wajib menggunakan masker, setelah beli daging langsung pulang, dan dilarang memotong hewan di lapak jualan,” jelasnya.

“Berkaitan dengan pedagang takjil (makanan berbuka) juga kita berlakukan jarak masing-masing meja 1 (satu) meter lokasi didepan latos mulai beraktivitas pukul 16.00 – 18.30 WIB. Kepada pedagang yang membandel dan tidak mengindahkan aturan ini Satpol PP, Perhubungan dan Wilayatul Hisbah dapat mengambil tindakan tegas,” tegas M. Husin.

Walikota Langsa yang juga dikenal Toke Seum menambahkan bahwa pelaksanaan Shalat Tarawih tidak dilarang, hanya saja menghimbau agar Jamaah tetap menjaga jarak dan pakai masker, tiap–tiap Masjid wajib menyediakan tempat cuci tangan dan tetap waspada bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Rapat persiapan menghadapi Bulan Ramadhan 1441 H dihadiri Wakapolres Langsa, Kompol. Muhammad Dahlan, SH., Dinas terkait, perwakilan pedagang, Kabag Ekonomi Raja Angkasa, SH., dan Camat Langsa Kota Heri, S.STP., berakhir pukul 11.30 WIB,” demikian ditutup M. Husin. Berita Langsa, juli 

- Advertisement -

Berita Terkini