Demo Buruh Medan, Jurnalis juga Tuntut Upah Layak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara menuntut soal kesejahteraan jurnalis dan pekerja media.

Tema yang diangkat dalam aksi AJI adalah soal ‘Berserikat atau Celaka’. Menurut Ketua AJI Medan Agus Perdana, tema itu diangkat karena pembentukan serikat pekerja dikalangan jurnalis telah di dukung UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan UU No. 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

“Serikat pekerja dapat memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja/buruh dan keluarganya,” kata Agus, Senin (1/5/2017).

Tetapi menurut Agus, hingga saat ini perbandingan jumlah serikat media dengan media yang ada di Indonesia masih tumpang tindih.

“Saat ini banyak media konvensional yang digilas gelombang digitalisasi dan modernisasi,” katanya.

Akibatnya Jurnalis dituntut untuk serba bisa. Karena media generasi baru membutuhkan lebih banyak keahlian.

Saat ini, pekerja media dituntut dengan mobilitas dan loyalitas yang sangat tinggi. Tetapi tidak dibarengi dengan upah layak.

“Di era media digital bekerja dilapangan melebihi standar waktu kerja. Selain harus menguasai seluruh aspek terkait platform digital alias kemampuan multitasking,” pungkasnya. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini