Banjir Ucapan Selamat, Asri Nurmala Sitepu Perempuan Termuda Jadi Kades

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Langkat tahun 2022 baru saja usai pada Minggu (19/06/2022). Menariknya, pada Pilkades serentak ini banyak kaum perempuan yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa.

Tak sedikit dari calon kepala desa terpilih di Kabupaten Langkat adalah kaum perempuan dengan usia yang cukup produktif, salah satunya adalah kepala desa terpilih dari Desa Lau Mulgab, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Asri Nurmala Sitepu (26).

Asri Nurmala Sitepu merupakan salah satu dari sekian banyak kaum perempuan yang sukses meraih kemenangan mutlak dengan perolehan sebanyak 1.587 dari 2.115 suara di desanya, mengalahkan 2 kandidat kepala desa yang lain.

“Saya bangga karena masyarakat percaya dan memberi amanah kepada saya, karena pada dasarnya mereka memberikan dukungan kepada saya agar ada perubahan di Desa Lau Mulgab,” ujar Asri kepada mudanews.com, Selasa (21/06/2022)..

Menurutnya, saat ini banyak bermunculan Kepala Desa yang usianya di bawah 30 tahun khususya dari kalangan kaum perempuan dengan usia produktif. Hal ini juga sebuah fenomena yang sering disebut dengan bonus demografi, dimana generasi usia produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.

“Saya rasa sekarang ini kaum perempuan sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Kaum perempuan juga mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Setelah terpilih menjadi Kepala Desa Lau Mulgab, Asri sendiri ingin mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus kaum perempuan untuk berperan aktif melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi.

“Kita tahu bahwa di desa banyak generasi muda khususnya dari kalangan perempuan yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi hasil pertanian dan yang lainnya,” paparnya.

Ia juga berpesan kepada kaum perempuan dan yang lainnya di Kabupaten Langkat untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.

“Saya harap kaum perempuan harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun desanya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa ini yang dimulai dari desa,” pungkasnya.

Asri Nurmala Sitepu
Salah satu papan bunga yang terpampang di kediaman Asri Nurmala Sitepu. (Foto: Dok. Istimewa)

Untuk diketahui, usai terpilih sebagai Kepala Desa Lau Mulgab periode 2022 – 2028, kediaman Asri Nurmala Sitepu dibanjiri ucapan selamat berupa karangan bunga.

“Selamat Sukses Atas Terpilihnya Asri Nurmala Sitepu Menjadi Kades Lau Mulgab 2022 – 2028,” tulis papan bunga dari BK 1305 RZA. (MN)

- Advertisement -

Berita Terkini