854 Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Langkat Mengeluh Ikuti Bimtek

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Kepala sekolah (Kasek) SD dan SMP se-Kabupaten Langkat mengeluh. Mereka mengaku dipaksa mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Haritage Resort Bukit Lawang mulai 6 Juni – 13 Juni 2022. Biayanya pun relatif besar. Mereka harus merogoh kocek Rp1,4 juta untuk mengikuti kegiatan itu.

Menurut narasumber, mereka diharuskan mengikuti Bimtek tersebut dengan dana pribadi. Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dinas P dan P) Kabupaten Langkat terkesanpun acuh. Para kasek tak boleh menggunakan dana bantuan oprasional sekolah (BOS). Dilema, mereka harus memutar otak untuk mengikuti ‘selera’ dinas.

“Dana BOS kan gak boleh digunakan untuk hal seperti itu. Orang dinas menyampaikan, kami harus pintar – pintar mencari dana untuk ikut bimtek itu. Gak mungkin juga kan kami pake uang pribadi. Soalnya, nilainya cukup besar menurut kami,” terang sumber sembari meminta identitasnya dirahasiakan, Senin (20/6/2002) siang.

Selain itu, nara sumber mengaku, bimtek yang diikuti terkesan tak ada manfaatnya bagi mereka. Terlebih bagi dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Langkat. Begitu juga dengan bimtek sebelumnya, hanya terkesan menghambur –hamburkan uang.

“Gak ada manfaat yang kami ambil dari bimtek itu. Kami justru merasa terbebani dengan uang yang harus kami keluarkan. Mau gak mau, tepaksa uang dari dana BOS yang kami ambil. Kan kasihan sekolah yang jumlah muridnya minim. Mereka harus mengelola dana BOS dengan baik dan benar, tapi selalu ada aja kutipan dari dinas,” ketus sumber kesal.

Para kasek berharap, agar Dinas P dan P Kabupaten Langkat tidak lagi melakukan kegiatan yang membebani mereka. “Selain bimtek yang dipaksakan, kami juga harus membayar uang ‘arisan’ dan harus membeli spanduk dari dinas yang nilainya di luar nalar,” tandas sumber.

Hingga berita ini terbit, Kadis P dan P Kabupaten Langkat Dr H Saiful Abdi SH SE MPd belum memberikan keterangan dan jawaban. (Rafii/red)

- Advertisement -

Berita Terkini