KSEI IBIEF STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Jadi Tuan Rumah Temilreg FoSSEI Sumbagut 2022

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Binjai – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Ishlahiyah Binjai Islamic Economic Forum (IBIEF) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh H Abdul HalimHasan Al-Ishlahiyah Binjai yang tergabung dalam Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) didapuk menjadi tuan rumah Temu Ilmiah Regional Sumatera Bagian Utara (Temilreg Sumbagut).

Kegiatan yang diikuti 15 Perguruan Tinggi bertajuk “Penguatan Ekosistem Lembaga Keuangan Syariah dalam Implementasi Keuangan Berkelanjutan Guna Pemulihan Ekonomi Nasional” ini diadakan sejak 23 hingga 25 Mei 2022 bertempat di kampus STAI Al-Ishlahiyah Binjai.

Ketua Panitia Pelaksana Geri Cahya Wardana menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini disamping sebagai proses kaderisasi juga mewujudkan persetujuan dan pergerakan ekonomi Islam dikalangan mahasiswa tingkat regional.

“Alhamdulillah untuk peserta terdata sejumlah 97 orang dari perguruan tinggi se Sumbagut, namun untuk peserta seminar terpisah dengan total keseluruhan 400 orang baik online maupun offline,” jelas Geri.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya pemicu gairah perekonomian serta pembekalan pengetahuan kepada masyarakat dan para pelaku ekonomi di Sumbagut khususnya Provinsi Sumatera Utara.

“FoSSEI merupakan wadah berkumpulnya komunitas Kelompok Studi Ekonomi Islam yaitu komunitas mahasiswa yang concern dalam kajian ekonomi Islam dengan mengadakan Temu Ilmiah tingkat regional se-Sumatera Bagian Utara,” jelasnya lagi.

Geri menuturkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencapai beberapa tujuan yaitu :

  1. Wadah bagi kader FoSSEI untuk mengimplementasikan dan membangun ekonomi Islam di tingkat Nasional dan Global
  2. Sebagai forum silaturahmi antar KSEI seluruh Sumatera Bagian Utara
  3. Meningkatkan peran aktif dan sikap kritis kader FoSSEI dalam mengembangkan ekonomi Islam
  4. Mewujudkan persetujuan dan pergerakan ekonomi Islam dikalangan mahasiswa tingkat regional
  5. Mempertajam analisa mahasiswa dan kepekaan masyarakat pada umumnya terhadap arah pembanguan perkenomian berbasis Islam
  6. Sebagai pemicu gairah perekonomian serta pembekalan pengetahuan kepada masyarakat dan para pelaku ekonomi di Sumbagut khususnya Provinsi Sumatera Utara

“Kegiatan Temu Ilmiah regional ini akan diisi dengan Seminar Nasional seputar ekonomi syariah, juga ada beberapa kegiatan dan event-event perlombaan antara sesama peserta,” pungkasnya.

STAI Al-Ishlahiyah Binjai
Pembukaan kegiatan Temu Ilmiah Regional Sumatera Bagian Utara (Temilreg Sumbagut).

Sementara itu, Presiden KSEI IBIEF STAI ALl-Ishlahiyah Binjai Riky Ramdansyah berharap agar kegaitan Temilreg FoSSEI Sumbagut tahun 2022 berjalan lancar dan sukses. “Saya dan seluruh pengurus KSEI IBIEF STAI Al-Ishlahiyah Binjai mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan oleh Ketua dan seluruh civitas akademika serta teman-teman di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang telah mendukung agar kegiatan kita ini berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

“Ada beberapa lomba yang akan diadakan pada Temilref FoSSEI Sumbagut Tahun 2022 ini, yaitu Lomba Olimpiade, Lomba Debat, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Video Creatif Ekonomi Islam dan Lomba Bussininess Plan,” pungkasnya. (MN)

- Advertisement -

Berita Terkini