FKM UIN-SU Medan, Menyelenggarakan Kuliah Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana di Indonesia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan telah melakukan kegiatan kuliah tamu pada mata kuliah Epidemiologi Bencana dan Epidemiologi Sosial Perilaku Masyarakat Pesisir pada Kamis, 19 Mei 2022 secara daring.

Kuliah tamu mengundang Ibu Dina Adlina Amu, SKM M.Han dari Indonesian Youth Disaster Reduction Risk yang sekaligus bekerja pada organisasi PBB pada bidang penanganan pengungsi/migrasi pihak asing di Indonesia.

Tema kuliah tamu yang disampaikan oleh pemateri Ibu “Public Health Disaster Preparedness and Mitigation in Indonesia Setting” sesuai dengan kepakaran pemateri yang memiliki pendidikan terakhir pada bidang Manajemen Bencana, Universitas Pertahanan.

Kuliah pakar dibuka oleh Dekan FKM UIN-SU Medan, Prof Dr Syafaruddin, M.Pd yang menjelaskan peranan manajemen bencana bidang kesehatan masyarakat secara komprehensif.

“Pentingnya manajemen bencana di bidang kesehatan masyarakat termasuk pada bidang penelitian. Pemateri juga menjelaskan potensi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana pada suatu wilayah dan kurun waktu tertentu yang dapat berupa kematian, luka, sakit, jiwa terancam, hilangnya rasa aman, mengungsi, kerusakan atau kehilangan harta, dan gangguan kegiatan masyarakat,” jelasnya.

Kesiapsiagaan bencana bidang kesehatan masyarakat dikelompokkan dalam 6 hal seperti ketahanan masyarakat dalam bidang bencana, manajemen bencana, manajemen informasi dalam bidang bencana, pengendalian dan mitigasi bencana, manajemen kegawatdaruratan dan surveilans.

Pada akhir kuliah tamu ini, pemateri menyimpulkan bahwa untuk dapat saling terlibat dalam manajemen bencana oleh seluruh pihak. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini