Pema di 2 Kabupaten, Kaprodi HES FSH UIN-SU: Ini Merupakan Aksi Nyata untuk Bermanfaat Bagi Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) laksanakan pengabdian masyarakat (Pema) di kabupaten Simalungun dan Kabupaten Langkat.

Kegiatan Pema ini berlangsung selama satu minggu dimulai dari tanggal 28 Februari – 7 Maret 2022.

Kegiatan Pema ini ditandai dengan pelepasan oleh Kaprodi dan Sekretaris Prodi Hukum Ekonomi Syariah Dr Tetty Marlina Tarigan MKn dan Cahaya Permata MH, di halaman FSH UIN-SU Medan, Senin (28/2/2022).

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) HES Pria Mitra ketika dikonfirmasi Senin (7/3) mengatakan kegiatan Pema tersebut harus menjadi pengalaman berharga bagi kawan-kawan mahasiswa HES.

“Semoga kawan-kawan yang telah usai melakukan Pema tersebut menjadi mahasiswa yang berpengalaman dalam mengaktualisasikan keilmuannya kepada masyarakat. Semoga kalian menjadi pribadi yang sukses,” ucapnya.

Pema tersebut berlokasi di 4 desa yaitu Desa Nagori Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Desa Manik Maraja Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Desa Emplasemen Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, dan terakhir kampung Karya jati, kecamatan Batang Serangan kabupaten Langkat.

Pemilihan lokasi Pema ini atas usulan masing-masing kelas yang kemudian dinilai oleh jurusan sesuai atau tidak untuk dijadikan lokasi Pema bagi mahasiswa/i HES.

Azhari salah satu peserta pengabdian masyarakat mengatakan Pema ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam melatih menggunakan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan serta memperluas relasi dan jaringan bagi mahasiswa.

“Saya sendiri banyak mendapatkan pengalaman ketika saya mengabdi di Desa Manik Maraja, kami disana melakukan banyak kegiatan yang terbagi menjadi 4 aspek : pendidikan, keagamaan, sosial, dan ekonomi,” cetusnya.

Masih kata dia, adapun kegiatannya itu mengajar di sekolah, memberikan edukasi tentang hukum terkhusus tentang Hukum Ekonomi Syariah, melakukan pelatihan fardu kifayah, gotong royong dan membuat pelatihan kewirausahaan.

“Saya akan selalu siap memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi agent of change yang akan membawa perubahan yang lebih baik pada masyarakat,” tambahnya dengan semangat.

Pema di 2 Kabupaten
Mahasiswa Prodi HES FSH UIN-SU melakukan PEMA (Foto: dok istimewa)

Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah Dr Tetty Marlina Tarigan MKn dalam kunjungannya ke Desa Manik Maraja Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun Minggu (6/3/2022) mengungkapkan terimakasih kepada mahasiswa/i yang melakukan Pema. Semoga kalian menjadi mahasiswa yang berkualitas.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh mahasiswa yang melakukan Pema. Ini merupakan aksi nyata ananda-ananda sekalian untuk bermanfaat bagi masyarakat dan mengimplementasikan keilmuan yang didapatkan di perkuliahan,” ungkapnya dihadapan mahasiswa HES.

Kaprodi juga mengatakan Prodi HES akan selalu hadir dan bermanfaat bagi masyarakat dengan melaksanakan pengabdian masyarakat di setiap tahunnya. (tim)

- Advertisement -

Berita Terkini