Al-Ittihadiyah Sumut Laksanakan Pelatihan Kepemimpinan Guru Madrasah Al-Ittihadiyah se-Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – DPW Al-Ittihadiyah Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Guru berbasis kompetensi dalam Alquran bagi guru-guru madrasah pada hari Jumat-Sabtu tanggal 24-25 September 2021 di Codotel Medan.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPW Al-Ittihadiyah Provinsi Sumatera Utara sekaligus Ketua Peneliti yaitu Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd. Dr. Usiono, MA, Ramadhan Lubis, M.Ag, Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan tim instruktur dari DPW Al-Ittihadiyah Sumatera Utara dan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Adapun pesertanya adalah guru-guru dari berbagai jenjang lembaga pendidikan Al-Ittihadiyah se-Sumatera Utara.

Pada pidato pembukaan Pelatihan Kepemimpinan guru Berbasis Kompetensi Dari Al-Quran Bapak Dr. Usiaono, M.A, menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana silaturrahmi antar perguruan Al-Ittihadiyah se-Sumut sekaligus sarana memperbaharui wawasan pendidikan guru dalam bidang kepemimpinan.

Beliau berharap kegiatan tersebut berlanjut pada kegiatan-kegiatan rutin yang memperkokoh persaudaraan guru dari berbagai lembaga pendidikan Al-Ittihadiyah se-Sumut.

“Kepemimpinan guru di dalam kelas dan luar kelas merupakan awal kaderisasi peserta didik untuk menjadi kader bangsa, karena itu pengembangan kepemimpinan guru merupakan program strategis setelah pelatihan pada setiap madrasah untuk membentuk karakter Islam yang tangguh dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air, kuat jiwanya dalam mengamalkan Pancasila, menjaga NKRI, bhineka Tunggal Ika sekaligus mampu mengamalkann Islam secara kaffah (menyeluruh) dalam semua aspek kehidupan,” papar Dr. Usiaono.

Al-Ittihadiyah Sumut
Momen foto bersama

Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd selaku ketua peneliti dalam uraiannya memaparkan tentang Alquran dan kepemimpinan.

“Tujuan pembahasan dan pelatihan ini adalah peserta pelatihan dapat menjelaskan nilai-nilai Alquran berkaitan dengan istilah kepemimpinan, mengungkapkan dalil tentang kepemimpinan, serta karakteristik dan kompentensi pemimpin secara umum maupun pemimpin dalam pendidikan dan pada akhirnya dapat memperaktikkan pada diri sendiri, kelas hingga madrasah,” jelas Prof. Syafaruddin.

Pada sesi ke-2 Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I menjadi pemateri terkait dengan Orientasi pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelatihan sesi 2 ini adalah sistem diskusi kelompok. Ia membagi peserta ke-dalam 4 kelompok untuk membahas materi yang dibagikan yaitu: Kompetensi Guru Dalam Aquran, Keterampilan Komunikasi Guru, Keteladanan Guru, Pengambilan Keputusan. Para peserta dari berbagai lembaga pendidikan Al-Ittihadiyah sangat bersemangat dan saling kolaborasi antar lembaga Al-Ittihadiyah dalam satu kelompok. Pada akhir kegiatan hari pertama ditutup dengan sesi presentasi dari salah satu kelompok diskusi.

Al-Ittihadiyah Sumut
Guru Madrasah Al-Ittihadiyah yang mengikuti pelatihan (dok istimewa)

Kegiatan pelatihan kepemimpinan guru madrasah Al Ittihadiyah se Sumut ini diikuti 31 peserta dari Medan, Deli Serdang dan Kabupaten Karo, dari jenjang MI, MTs dan madrasah Aliyah, demikian dilaporkan Ketua panitia Ramadhan Lubis. MA, yang juga anggota peneliti. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini