Logika Berpikir Grace Natalie yang Terbalik-Balik Tidak Paham Aturan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Oleh: Agung Wibawanto

Dalam sebuah acara tvOne, Grace Natalie, Tim Kampanye 02 menyampaikan bahwa proyek strategis nasional (PSN) food estate di Kalimantan yang sudah digarap sejak 2019-2020, menggunakan dana pribadi Prabowo Subianto. Sebelum kita membedahnya, saya ingin pisahkan ada dua materi yang sepertinya harus kita lihat. Pertama, benarkan itu bukan hoax?

Soal dana pribadi tersebut benar atau tidak? Bagaimana mungkin kategori PSN didanai dari kantong pribadi? Kedua, jika memang benar Prabowo menggunakan uang pribadi, maka pertanyaannya mengapa bisa? Karena, jika pun ada dana hibah dari perorangan kepada negara, itu ada aturannya. Tidak mengeluarkan begitu saja dari kantong pribadi.

Kemudian, akan ada bukti penyerahan hibah dalam bentuk kesepakatan. Hal ini harus diatur karena jangan sampai, urusan ke depan menjadi saling klaim antara pemerintah dengan perseorangan terhadap proyek tersebut. Terakhir, ada penjelasan Grace yang tidak konsisten terkait pembiayaan dan pengelolaannya.

Dikatakan Grace, meskipun proyek itu bagian dari Kementerian Pertahanan, tetapi pemimpinnya tetap dari Kementerian Pertanian, “Food estate itu lead (Pemimpin) dari semua projek lumbung pangan itu adalah Kementerian Pertanian,” ungkapnya. Bagaimana mungkin PSN terlebih pengelolaannya oleh lintas kementerian tapi dibiayai oleh pribadi?

Diketahui, PSN food estate ini dikawal oleh lintas kementerian di antarnya PUPR, KLHK, Kementan dan Kemenhan. Sebagai lead sector nya adalah kementan, namun Prabowo yang ditunjuk Jokowi mengomandoi proyek tersebut. Grace bilang, ada surat dari KLHK yang memberikan sebuah lahan untuk diolah Kementerian Pertahanan. Namun, yang memimpin tetap Kementerian Pertanian.

“Ini ada suratnya dari KLHK yang memberikan sebuah lahan di gunung mas antara lain itu untuk diolah kementerian pertahanan. Tetapi leadnya tetap di Kementerian Pertanian,” bebernya. Lanjut Grace, kondisi tanah di sana dari awal memang tidak subur, semak belukar, dan vegetasi tanamannya di bawah 50 cm.

“Karena memang kondisi tanah di sana tidak padat, dan karena ada covid, anggaran tidak ada yang dipakai sama sekali oleh Kementerian Pertahanan untuk proyek lumbung pangan di Kalimantan Tengah,” tukasnya. Prabowo, disebutkan Grace, karena tidak ingin membuang waktu yang terlalu banyak, dia melakukan Treatment agar bisa segera ditanami.

“Prabowo ingin waktu tidak terbuang, ini kan kondisi tanahnya tidak bagus, perlu treatment lapisan paling atasnya supaya bisa ditanami bibit. Harus ada uji coba. Pakai uang sendiri,” timpalnya. Pertanyaannya, berapa besar dana yang dikeluarkan Prabowo pribadi untuk tahap treatment tersebut? Apa status sana pribadi tersebut? Apakah diketahui oleh sektor kementerian lain?

Anggaran food estate khusus di Gunung Mas sendiri menelan dana Rp 54 miliar. Apakah uang pribadi Prabowo termasuk dihitung dalam anggaran itu? Atau di luar anggaran? Status uang Prabowo itu sebagai investasi atau hibah atau apa? Hal ini harus jelas mengingat terkait pembabatan hutan yang luas. Jangan sampai, jika berhasil maka Prabowo menepuk dada, tapi saat gagal dilimpahkan ke pemerintah.

Total anggaran Food Estate pun tak main-main. Masuk dalam proyek prioritas strategis berdasarkan Perpres Nomor 108 Tahun 2022, Food Estate menyedot anggaran Kementerian Pertanian Rp1,4 triliun pada 2021 hanya untuk pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara untuk anggaran 2024, Pemerintah menyiapkan Rp 108,8 triliun untuk program ketahanan pangan, termasuk food estate.

Sepertinya pikiran Grace terlalu polos, hingga tidak pas menjadi seorang politisi. Ia terlalu naif diceritakan ada orang yang mau mengeluarkan uangnya sendiri demi proyek pemerintah. Grace memang belum pernah masuk parlemen, misalnya, hingga ia tidak paham mana bahasa politik dan mana bahasa kejujuran. Ia juga tidak pernah ada dalam lembaga eksekutif hingga tidak paham aturan sebuah proyek pemerintah.

Tapi setidaknya ia tidak terlalu di luar nalar seperti itu. Hanya karena ia kini berada di kubu Prabowo, orang yang sempat ia beri serifikat sebagai politisi pembohong, lalu membelanya mati-matian hingga tidak sadar bisa menjatuhkan paslonnya sendiri. Jika saya boleh bertanya kepada Grace, jadi proyek food estate itu PSN Pemerintah atau proyek Prabowo? Itu saja yang harus dijawab Grace. Simpel.

- Advertisement -

Berita Terkini