Mengurung Para Koruptor di Nusakambangan, Janji Ganjar Pranowo yang Patut Didukung

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Oleh: Widodo SP

Rencana Ganjar Pranowo jika terpilih menjadi Presiden RI adalah membawa para napi korupsi alias para koruptor ke Nusakambangan untuk memberi efek jera, sekaligus memberi semacam kengerian bagi para penggarong uang rakyat itu. Hal ini tak lain karena Nusakambangan memang dikenal sebagai lokasi penahanan para napi yang sangat ditakuti.

Harapannya, selain memberi efek jera, dibawanya para koruptor untuk dibui di daerah yang berada di tengah lautan lepas itu dapat memberi efek ngeri bagi para calon koruptor agar mengurungkan niatnya untuk mencari uang mudah dengan cara yang tidak halal itu.

Sejak gagasan itu disampaikan, saya membaca reaksi yang beragam dari masyarakat. Rata-rata komentar yang saya baca berupa dukungan, bahkan tak sedikit yang memberi apresiasi atas gagasan yang dianggap solutif itu.

Meskipun ada pula yang agak meragukan gagasan itu akan berhasil, karena faktor jauhnya lokasi penjara sehingga dianggap akan lebih susah buat diawasi.

Ya, tetap saja ada pro dan kontra mengenai gagasan dari Capres bernomor urut 03 itu, meakipun sebenarnya terbilang brilian.

Gagasan luar biasa ini, rasanya juga memerlukan keberanian dan ketegasan, termasuk dalam menyikapi potensi terjadinya kong kalikong seandainya nanti para koruptor itu beneran dibui di Nusakambangan.

Hal lain yang perlu dibangun adalah penguatan KPK, lembaga yang seharusnya bisa lebih independen dan berani ini perlu dinaikkan levelnya, terutama soal profesionalisme dan keberanian dalam menyelidiki dan menyeret para pelaku korupsi ke pengadilan agar dihukum seberat-beratnya, sesuai dengan perbuatannya yang merugikan orang banyak, juga merugikan negara.

Pemilihan para pengadil yang mengadili kasus tipikor juga perlu dibuat lebih profesional dengan memilih para hakim yang berani, tegas, tidak mudah tersentuh dengan penampilan agamis, tegas menolak suap, juga mengerti cara menghukum dengan seberat mungkin terhadap para koruptor.

Selain itu, akan bagus juga jika negara ini bisa menyulap lapas Nusakambangan menjadi tahanan yang mengerikan dengan kepala penjara dan para petugas yang akan menjadi mimpi buruk bagi setiap koruptor yang nantinya akan dimasukkan ke sana

Akhirnya, percepat perundangan hukuman mati bagi para pelaku kejahatan, termasuk korupsi dengan nilai tertentu, guna memberi efek jera sekaligus peringatan yang bisa membuat bulu kuduk berdiri bagi mereka yang ingin korupsi secara ugal-ugalan …

Karena kalau sampai tertangkap, maka nama mereka akan menjadi kenangan dalam waktu singkat. Siapa setuju dengan gagasan Ganjar Pranowo yang mantap ini?

Begitulah kura-kura…

- Advertisement -

Berita Terkini