HUT ke-78 RI, Degradasi Pemuda dalam Kemajuan Bangsa Indonesia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, OPINI – Hari ini merupakan hari kemerdekaan republik Indonesia ke 78 tahun tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2023. Momen yang dapat membakar semangat juang generasi muda saat ini kemudian ditandai pengibaran sang merah putih di setiap pelosok negri tercinta.

Setiap orang mengungkapkan dan mengekspresikan kemerdekaan baginya, dengan berbagai cara. Lalu apa makna kemerdekaan pada generasi muda saat ini ?

Indonesia merupakan satu – satunya negara di dunia yang merdeka karena mengusir penjajah, bahkan dulu indonesia sebenarnya mau di beri kemerdekaan, sebagai hadiah. Pahlawan indonesia pada saat itu Bung Karno, Bung Hatta dan Radjiman sudah di panggil oleh penjajah bahwa pemerintah jepang sebagai penjajah akan memberikan hadiah kepadamu pada tanggal 24 Agustus 1945 para ke 3 pahlawan pun terima tawaran tersebut, ketika pulang ke indonesia di hadang oleh para pemuda mengatakan indonesia harus merdeka pada hari ini juga seketika itu para pahlawan tidak menerima keputusan dari pemuda tersebut lantas para pemuda menculik Bung Karno dan dibawa ke rengasdengklok disitulah Bung Karno pada tanggal 16 Agustus 1945 bersama Bung Hatta mengucapkan proklamasi kemerdekaan menaikkan bendera merah putih menyanyikan Indonesia Raya.

Tapi kata Bung Karno kemerdekaan yang saya ucapkan tidak sah karena yang mendengarkan hanya 7 orang pemuda saja karena pemuda yang Revolusioner ini kita harus merdeka tidak usah menunggu 24 Agustus 1945 ucap Bung Karno pada saat itu. Besok pada tanggal 17 Agustus 1945 kita mengucapkan kembali proklamasi kemerdekaan di depan masyarakat seluruh indonesia bahwa indonesia telah merdeka. Dari sejarah singkat diatas jelas bahwa Indonesia merdeka tidak terlepas dari kaum muda.

Pemuda saat ini telah terdegradasi dari fungsi dan tujuan pemuda dan telah terpolarisasi oleh rekayasa global yang sifatnya negatif sehingga tidak heran banyak pemuda yang terjerumus ke dalam hal – hal yang menghancurkan dirinya dan merusak mimpi mereka (pemuda). Lantas apa yang kita harus perbuat untuk tetap menjaga kehormatan negara indonesia yaitu paling tidak pemuda saat ini harus berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional.

Karena sumbangsih pemikiran pemuda sangat dibutuhkan oleh negara sebab geopolitik dan perekonomian bangsa lagi mengalami penurunan dengan begitu kita sebagai pemuda harus hadir dan aktif dalam menyuarakan hal tersebut.

Penulis : Suldi Panca Mulia (Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Maumere)

- Advertisement -

Berita Terkini