PUSH Apresiasi Keputusan FIFA

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, OPINI – Pergerakan Untuk Sumut Hebat (PUSH) mengapresiasi keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menurut PUSH ada alasan yg rasional dan objektif karena sebagaimana diketahui bahwa salah satu peserta pada ajang bergengsi tersebut adalah Tim Kesebelasan Israel.

Alasan pertama, dikaji secara history bahwa terwujudnya kemerdekaan Indonesia salah satunya didukung oleh Palestina.

Yang kedua secara amanat UUD 1945, Indonesia adalah Negara yang menolak dan anti penjajahan yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 yang mengatakan “bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.”

Maka kalau ada negara yang menjajah, lalu ikut bermain atau bertanding di tanah Indonesia, itu tidak harusnya bisa diterima. Oleh karena itu sudah semestinya kesebelasan Israel tidak bermain di Indonesia.

Selanjutnya dianalisis dari alasan kesanggupan dan kemampuan. Dilihat dari peristiwa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir terhadap kompetisi sepak bola Indonesia, seperti tragedi Kanjuruan serta keterbatasan sarana dan prasarana yang tentu perlu menjadi pertimbangan atas kesanggupan dan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Artinya, Indonesia masih perlu berbenah seperti menyiapkan sarana prasarana yang betul-betul layak seperti Qatar, mulai dari Public Transport, infrastruktur stadion dan lain-lainnya. Itu tentu sangat perlu.

Untuk pak Eric Tohir kami sarankan untuk bersabar dan tidak usah terlalu kecewa. Dan untuk rakyat Indonesia juga jangan terus sakit hati karena ini mungkin keputusan yang paling objektif untuk kita hari ini. Supaya kita benar-benar berbenah agar kedepan Indonesia itu betul-betul pantas dan layak sebagai tuan rumah dalam laga bergengsi lainnya.

Untuk itu memang di 2024 ini harus dipastikan Pemimpin Indonesia ke depannya harus dipilih pemimpin yang lebih baik dan mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Penulis: Abdul Kholik Munthe (Ketua Umum PUSH)

- Advertisement -

Berita Terkini