Mendagri Warning Disdukcapil di Indonesia, Pelayanan Administrasi Kependudukan Harus Cepat, Efektif, Efisien!

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Cilegon – Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian mengingatkan jajaran Dinas Dukcapil di seluruh Indonesia harus mampu memberikan pelayanan prima di bidang administrasi kependudukan, yakni layanan cepat, efektif dan efisien serta tidak mempersulit.

Pasalnya, belum banyak kabupaten/kota yang mampu melengkapi layanan KTP-el dengan printer pencetak dokumen kependudukan.

“Yang terpenting dari pelayanan publik adalah membahagiakan masyarakat. Layanan publik harus cepat, dekat, mudah dan murah. Pelayanan pencetakan dokumen kependudukan di kecamatan adalah salah satunya,” kata Mendagri.

Melengkapi ide pimpinannya tersebut, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan problem besar pelayanan adminduk selama ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana.

“Problem terbesar layanan adminduk kita karena kurangnya sarana-prasarana. SDM siap semua. RT/RW, Lurah dan Camatnya mendukung. Tapi kalau alatnya cuma satu di kantor Dinas Dukcapil, masyarakatnya antre di Dinas,” ujarnya pada acara Sosialisasi Kebijakan Adminduk Kota Cilegon, Banten, Kamis (5/3).

Dia mengakui belum banyak kecamatan yang dapat melayani pencetakan dokumen kependudukan sebab membutuhkan biaya dan kerja sama dengan berbagai instansi.

“Memang sedikit daerah yang memberi pelayanan cetak dokumen kependudukan di kecamatan karena ini membutuhkan banyak kerja sama dengan berbagai instansi, dengan berbagai SKPD karena jaringan dari Kominfo harus ditarik ke sana,” jelasnya.

 

- Advertisement -

Berita Terkini