Kopi Jamur Buatan Finlandia Diyakini Dapat Menghilangkan Efek Kafein

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Finlandia – Di negara Finlandia, penyajian kopi sangat berbeda dengan penyajian kopi di banyak negara. Di negara ini, kopi dikombinasikan dengan jamur.

Hal ini diyakini dapat menghilangkan efek kafein pada kopi.

Pembuat kopi asal Finlandia, Tero Isokauppila mengatakan kopi yang dikombinasikan dengan jamur tetap memiliki kadar kafein namun tidak memiliki efek kafein seperti kopi pada umumnya sehingga baik untuk kesehatan.

“Ketika orang saat ini masih meragukan akan kopi jamur, saya berharap ini akan populer sama seperti ketika orang mengonsumsi sushi,” kata Tero Isokauppila, seperti dilansir dari Independent.

Isokauppila yakin, kopi jamurnya tetap memiliki kelebihan dalam meningkatkan produktivitas dan memacu kekuatan otak.
Melalui perusahaan yang ia miliki, four sigmatig, Isokauppila

Pembuatan kopi jamur dilakukan dengan cara mencairkan dan mengeringkan jamur jenis maitake dan Chaga atau Inonotus obligus hingga menjadi ekstrak.

Kemudian Ekstrak Jamur dicampur dengan kopi biasa. Jamur maitake dianggap dapat membantu mengatur kadar gula darah. Sedangkan jamur chaga yang memiliki sifat basa akan menetralkan asam dari kopi penyebab sakit perut.

Namun, kopi jamur ini mendapat penilaian skeptis dari sejumlah pihak. Salah satunya adalah Cynthia Sass, seorang pakar nutrisi.

Sass mengatakan, kopi jamur ini tidak direkomendasikan karena jamur maitake dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi sehingga mengencerkan darah dan mengendalikan tekanan darah.

“Penting juga untuk tidak mengkonsumsi chaga karena juga mempengaruhi keenceran darah, jadi jangan mengkonsumsinya sebelum operasi,” ujar Syntia.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini