SLPT : Pemkab Batubara Dinilai Gagal Atasi Sampah, Penghargaan Adipura Sulit Diraih

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Komunitas Lingkungan yang tergabung dalam Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) menilai Pemkab Batubara gagal mengatasi persoalan Sampah. Hal terebut digambarkan dari kumuhnya Kecamatan Tanjung Tiram yang masih jauh dari bebas Sampah.

Tak ayal, Alvian Khomeini, Ketua SLPT menilai, Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara sulit mendapatkan penghargaan Adipura sebagai Kabupaten yang bersih lingkungan.

“Bagaimana bisa ini sulit diatasi, bahkan sudah bertahun-tahun Kabupaten ini berdiri, walupun sudah berganti pemimpin, perubahan dalam membuat Kabupaten bersih akan lingkungan juga masih kurang maksimal,” tegasnya.

SLPT Pemkab Batubara
Ketua SLPT Alvian Khomeini membersihkan sampah di Sungai

Ia menilai, bahwa program Pemerintahan dalam mengatasi masalah sampah bertolak belakang dengan masyarakat. Sebab, percuma programnya canggih, tetapi edukasi yang diberikan masih setengah-setengah.

Oleh karenanya, program pemerintah harusnya membentuk karakter masyarakat dulu dengan edukasi melalui sosialisasi.

Bupati Batubara, sebagai kepala daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (LHKP) harusnya lebih serius dalam menangani masalah kebersihan terutama Sampah.

SLPT Pemkab Batubara
Ketua SLPT Alvian Khomeini membersihkan sampah di Sungai

“Keberadaan dump truck memang bagus, biaya kebersihan 15 ribu perbulan juga bagus, namun ada sisi yang perlu ditekankan lagi, yaitu memanusiakan manusia dengan memberikan sosialisasi mengenai persampahan, mengenali bahaya Sampah, dan pengelolaan sampah organik, anoorganik dan B3,” jelasnya.

Sehingga, katanya, dengan memberi pemahaman terlebih dahulu kepada masyarakat, setidaknya program pemerintah bisa sinkron.

Dengan begitu, penghargaan Adipura pun akan bisa terwujud di Kabupaten Batubara.
Karena menurutnya, Penghargaan ini juga dapat menjadi stimulan bagi masyarakat agar menjaga lingkungannya.

“Lingkungan baik akan menjadi masyarakat maju,” tegasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini