Satgas Pastikan Ketersediaan Jarum Suntik untuk COVID-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, memastikan ketersediaan jarum suntik untuk vaksin COVID-19 di Indonesia aman. PT Indofarma (Persero) Tbk. yang merupakan perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta akan memproduksi jarum suntik sesuai kebutuhan dalam negeri.

“Kami ingin sampaikan bahwa pada saat sekarang perusahaan BUMN Indofarma telah mampu memproduksi 100 juta jarum suntik pada tahun ini,” ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (18/8).

Sementara pada tahun depan, PT Indofarma memproyeksi produksi jarum suntik lebih dari 300 juta. Dengan begitu, pemerintah tidak perlu melakukan import jarum suntik.

“Jadi, kemampuan Indonesia untuk jarum suntik bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri,” ucap dia.

Sebagai informasi, kapasitas produksi jarum suntik oleh PT Indofarma selama ini hanya 30 juta per tahun. Jarum suntik itu biasanya dialokasikan untuk penanganan penyakit cacar dan lainnya.

Sementara untuk vaksin COVID-19 tahap awal di Indonesia membutuhkan 100 juta jarum suntik. Jika uji klinis fase 3 vaksin Sinovac berhasil, maka vaksin COVID-19 tahap awal akan dilakukan pada Februari atau Maret 2021.

Sumber : Merdeka.com

- Advertisement -

Berita Terkini