Tim SAR Gabungan Ikuti Pelatihan Teknik Pertolongan di Gunung Hutan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bandung – Sebanyak 49 Peserta, yang berasal dari anggota TNI/Polri, Instansi, serta Potensi SAR Berbasis Masyarakat, mengikuti pembukaan Pelatihan Potensi SAR, Teknik Pertolongan di Gunung Hutan (Jungle Rescue).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor SAR Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/03/2021).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumedang, H.Erwan Setiawan.,S.E.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, beserta jajaran, Danlanal Bandung, BPBD Provinsi Jawa Barat, Secapa AD, Pusdikjas Kodiklat TNI AD, Brimob Polda Jabar, Dinsos Prov Jawa Barat, PMI Prov Jawa Barat, Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang, Dinas Damkar Sumedang, Satpol PP Kabupaten Bandung, Wanadri, FKP3D dan Jabar Quick Response.

Pelatihan tersebut akan dilaksanakan sejak Tanggal 10 hingga 15 Maret 2021 mendatang, mengambil tempat di Kantor SAR Bandung, untuk Materi Teori Kelas, dan Praktik Lapangan, di Gunung Kareumbi, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR Jawa Barat, khususnya Teknik Pertolongan di Gunung Hutan (Jungle Rescue), untuk mendukung pelayanan operasi SAR di wilayah kerja kantor SAR Bandung.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan S.E., menyambut baik, dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor SAR Bandung.

Erwan, berharap dengan kegiatan ini dapat menghasilkan output komptensi yang nyata, meningkatkan semangat kemanusiaan untuk melaksanakan pelayanan SAR yang optimal.

Erwan, berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius, mengikuti arahan mentor, dan instruktur, mengutamakan keselamatan menghndari over confidence, dan keragu-raguan.

Tim SAR Gabungan
Tim SAR Gabungan mengikuti Pelatihan Teknik Pertolongan di Gunung Hutan

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, juga berharap agar peserta serius mengikuti pelatihan, agar dapat menghasilkan insan SAR yang lebih berkualitas untuk mengoptimalkan, dan membantu pelayanan SAR di wilayah kerja Kantor SAR Bandung, khususnya kejadian di Gunung Hutan yang cukup tinggi di wilayah Jawa Barat.

Sebelumnya pada Februari lalu Kantor SAR Bandung, telah melaksanakan Pelatihan Teknik Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue), dengan 50 peserta Kodam III Siliwangi. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini